Saingi Zoom, WhatsApp Tambah Lagi Peserta Rapat Online Jadi 50 Orang

Zoom menggaet jutaan pengguna selama pandemi corona. Video Call di WhatsApp akan bisa digunakan 50 orang sekaligus.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
12 Mei 2020, 15:31
Saingi Zoom, WhatsApp Tambah Lagi Peserta Rapat Online Jadi 50 Orang
Katadata
Ilustrasi WhatsApp

Pengguna aplikasi rapat online seperti Zoom melonjak drastis selama pandemi corona. Tak mau ketinggalan, Facebook nambah jumlah peserta video call melalui WhatsApp dari empat menjadi delapan orang. Bahkan, rencananya akan ditambah lagi menjadi 50 orang.

Kabarnya, perusahaan tengah mengkaji kemungkinan 50 peserta bisa ikut dalam video call melalui WhatsApp Web. “Opsi baru terlihat pada versi beta di WhatsApp Web,” demikian dikutip dari Tech Radar, kemarin (11/5).

Nantinya, pintasan di menu WhatsApp akan mengarahkan pengguna ke Messenger Rooms. Facebook meluncurkan Messenger Rooms pada bulan lalu.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengindikasikan bahwa platform baru tersebut akan didukung oleh WhatsApp, Instagram dan Facebook. Hanya, belum ada informasi detail terkait waktu integrasi platform-platform ini.

(Baca: Facebook Bakal Integrasikan WhatsApp dan Messenger untuk Rapat Online)

Berdasarkan laporan WAbetainfo menyebutkan, WhatsApp berupaya menambahkan opsi Messenger Room di fitur berbagi obrolan (chat share). Link Messenger Room juga akan ditambahkan pada tab panggilan (call) WhatsApp. Fitur baru ini dilaporkan terlihat di Android versi beta 2.20.139.

Pada tangkapan layar (screenshot) WAbetainfo, terlihat ketika pengguna memilih tombol 'Room' pada opsi berbagi (share), WhatsApp membuka jendela pop-up yang menjelaskan fitur itu secara terperinci.

Nantinya, pengguna dapat mengirim tautan ke siapa pun bahkan jika mereka tidak memiliki aplikasi WhatsApp atau Messenger.

Sebenarnya, Messenger Rooms versi uji coba diluncurkan di Kanada dan Australia empat tahun lalu. Namun, platform-nya mirip dengan obrolan Grup Messenger dan belum didukung dengan streaming video.

(Baca: Saingi Zoom, Google dan Facebook Tambah Peserta Aplikasi Rapat Online)

“Antara Messenger dan WhatsApp, lebih dari 700 juta akun berpartisipasi dalam panggilan suara dan video setiap hari, dan jumlah panggilan meningkat lebih dari dua kali lipat di banyak negara sejak pandemi dimulai. Dalam beberapa kasus, jumlah panggilan video grup meningkat lebih dari 10 kali,” kata Wakil Presiden Facebook Stan Chudnovsky dikutip dari Venture Beat.

Kehadiran fitur baru dari WhatsApp ini merupakan respons atas melonjaknya layanan video conference selama pandemi virus corona (Covid-19), seperti Zoom. Tak hanya WhatsApp, Google pun menambah jumlah peserta di aplikasi rapat online guna meningkatkan trafik di tengah pandemi virus corona.

Dikutip The Verge, Google menambah jumlah peserta Hangouts Meet dari empat menjadi 16 orang, dengan tampilan mirip dengan Zoom. Google juga mengembangkan layanan agar Hangout Meet bisa diakses melalui Chrome, dan kualitas videonya bakal ditingkatkan.

(Baca: WhatsApp Tambah Peserta Panggilan Video, Siap Bersaing dengan Zoom)

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait