Gojek Luncurkan Layanan Iklan Digital GoScreen Berbasis Teknologi

Fahmi Ahmad Burhan
9 November 2020, 17:24
Gojek Luncurkan Layanan Iklan Digital GoScreen Berbasis Teknologi
Gojek
Ilustrasi mitra pengemudi Gojek

Perusahaan penyedia layanan on-demand, Gojek meluncurkan layanan iklan luar ruang secara digital (digital out of home/DOOH) GoScreen berbasis mesin pembelajar (machine learning). Fitur anyar ini diluncurkan, seiring meningkatnya penggunaan teknologi digital dalam bisnis periklanan.

Chief Commercial Officer Gojek Antoine de Carbonnel mengatakan, pasar bisnis iklan luar ruang secara digital cukup potensial. Belanja iklan di Indonesia diprediksi tumbuh hingga 5,3% pada akhir tahun ini, meski masih ada pandemi corona.

Berdasarkan data Billboard Insider, penggunaan iklan luar ruang secara digital terus tumbuh. Pada 2019, penggunaannya mencapai 31% dari total iklan luar ruang global. Mayoritas atau 69% merupakan iklan luar ruang statis.

Pada tahun ini, porsi penggunaan iklan luar ruang secara digital diprediksi naik menjadi 34%. Lalu diproyeksikan tumbuh lagi menjadi 43% pada 2023.

Meski potensinya besar, ada tantangan yang mesti dihadapi oleh penyedia layanan iklan digital. "Pengguna inginyang bisa mengukur efektivitas dan kinerja iklan dengan baik," kata Antoine saat konferensi pers virtual ‘Peluncuran GoScreen’, Senin (9/11). 

Decacorn Tanah Air itu pun menyematkan fitur pengukur kinerja iklan berdasarkan lokasi dan waktu pada GoScreen. Iklannya dibuat menggunakan teknologi terprogram (programmatic ads) untuk personalisasi konten.

Dengan begitu, pengguna akan mendapatkan laporan atas pengukuran impresi secara real-time. Selain teknologi, iklan luar ruang ini memanfaatkan armada mitra pengemudi Gojek.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...