Jeff Bezos Mundur dari Kursi CEO Setelah Pendapatan Amazon Cetak Rekor

Jeff Bezos akan mundur dari posisi CEO Amazon pada kuartal III 2021. Pergantian kepemimpinan ini disampaikan bersamaan dengan laporan pendapatan Amazon yang mencapai US$ 125,6 miliar.
Desy Setyowati
3 Februari 2021, 08:39
Jeff Bezos Mundur Dari Posisi CEO Amazon Akhir Tahun Ini
Instagram/@jeffbezos
Pendiri Amazon Jeff Bezos

Jeff Bezos akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Amazon pada kuartal III tahun ini. Posisi ini nantinya dijabat oleh Andy Jassy, yang saat ini menduduki posisi CEO Amazon Web Services (AWS).

Sedangkan Bezos bakal menjabat ketua eksekutif dewan Amazon. “Dalam peran sebagai ketua eksekutif, saya ingin memfokuskan energi dan perhatian pada produk baru dan inisiatif awal,” kata Bezos dalam surat untuk karyawan, dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (3/2).

Ia pun mengatakan bahwa Andy bekerja di Amazon cukup lama. “Hampir selama saya. Dia akan menjadi pemimpin yang luar biasa, dan memiliki kepercayaan penuh saya,” kata dia.

Bezos mendirikan Amazon pada 1994, yang semula merupakan toko buku online. Perusahaan itu kemudian berubah menjadi raksasa retail dengan beragam kategori seperti gadget higga bahan makanan.

Kapitalisasi pasar Amazon bahkan melampaui US$ 1 triliun per awal tahun lalu, dan kini mencapai US$ 1,6 triliun.

Sedangkan Andy bergabung dengan Amazon pada 1997. Ia memimpin tim cloud AWS sejak awal.

 Berita pergantian tampuk kepemimpinan itu bersamaan dengan laporan keuangan Amazon. Pendapatan raksasa e-commerce Amerika Serikat (AS) ini mencapai US$ 125,6 miliar atau setara Rp 1.758,4 triliun pada kuartal yang berakhir Desember 2020.

Itu pertama kalinya pendapatan kuartalan Amazon melampaui US$ 100 miliar. Pendapatan itu juga melampaui perkiraan analis yang hanya US$ 119,7 miliar.

Pendapatan AWS tumbuh 28%. Sekitar 52% dari pendapatan operasional Amazon diatribusikan ke AWS per Oktober tahun lalu.

Sebelumnya, saat berbicara dengan investor, CFO Amazon Brian Olsavsky sudah menyampaikan bahwa akan ada suksesi. “Andy sekarang memiliki kesempatan untuk ‘membuat jejak’ di Amazon," kata Brian.

“Saya tegaskan bahwa Jeff tidak akan pergi. Dia mendapatkan pekerjaan baru,” kata Brian. “Dia akan terlibat dalam banyak masalah lewat pintu satu arah. Ini berarti keputusan yang lebih penting seperti akuisisi, hal-hal seperti strategi, dan hal lainnya.”

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait