Traveloka Resmikan Kantor Pusat Baru di Digital Hub, BSD City

Traveloka meresmikan kantor pusat baru di kawasan Digital Hub, BSD City. Sinar Mas Land ingin mengembangkan lokasi ini seperti Silicon Valley.
Desy Setyowati
18 Maret 2021, 15:51
Traveloka Resmikan Kantor Pusat Baru di Digital Hub, BSD
Traveloka
Traveloka Resmikan Kantor Pusat Baru di Digital Hub, BSD, Tangerang, Kamis (18/3/2021).

Startup penyedia layanan wisata atau online travel agent (OTA), Traveloka meluncurkan kantor pusat baru di BSD Green Office, BSD City, Tangerang. Ini termasuk dalam kawasan Digital Hub, yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land.

Kantor pusat yang disebut Traveloka Campus itu tepatnya terletak di BSD Green Office Park (GOP). Ini diklaim sebagai kawasan perkantoran pertama di Indonesia yang meraih Green Mark District dari lembaga internasional Building and Construction Authority (BCA) Singapura.

Co-Founder Traveloka Albert Zhang mengatakan, perusahaan memilih tempat ini untuk mengadaptasi gaya hidup green living. Ia berharap, kehadiran Traveloka Campus di kawasan Digital Hub di BSD berkontribusi positif terhadap perkembangan perusahaan.

“Sebagai perusahaan teknologi dengan lingkungan kerja yang dinamis dan inovatif, penting bagi kami untuk memiliki atmosfer kantor yang mendukung produktivitas dan kreativitas,” kata Albert dalam siaran pers, Kamis (18/3).

Advertisement

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, serta Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar hadir dalam peresmian Traveloka Campus.

Dalam sambutannya, Johnny berharap seluruh sektor berkolaborasi dan mengadaptasi perkembangan teknologi terkini. “Dengan banyaknya perusahaan teknologi yang lahir di Indonesia, diharapkan wilayah maupun perkantoran berkonsep smart semakin banyak,” kata dia.

Angela menambahkan, pandemi corona mengubah cara orang berwisata atau bepergian. Penggunaan teknologi digital pun menjadi sangat krusial.

“Dengan pemanfaatan teknologi digital, wisatawan dapat memesan kamar hotel, tiket atraksi atau masuk destinasi wisata, hingga pembayaran dengan mudah melalui smartphone,” ujar dia.

Dengan perubahan perilaku masyarakat itu, perlu ada inovasi baru, terutama di bidang perjalanan dan pariwisata. “Peresmian Traveloka Campus diharapkan dapat mendorong Traveloka untuk menghasilkan lebih banyak inovasi dan berkontribusi terhadap percepatan pemulihan sektor pariwisata,” katanya.

Sedangkan Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja berharap, kedekatan lokasi kantor Traveloka dengan perusahaan digital lain dapat membuahkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Sinar Mas pun ingin menjadikan kawasan Digital Hub BSD City seperti Silicon Valley. 

Digital Hub tersebut memiliki luas 26 hektare. Kawasan ini menyasar startup, komunitas, lembaga pendidikan, serta perusahaan multinasional yang berfokus di industri digital dan teknologi.

Selain Traveloka, kantor Amazon Web Services (AWS) Academy, Unilever, Grab, dan NTT berlokasi di Digital Hub. Ada pula institusi pendidikan digital seperti Apple Developer Academy, Binar Academy, Purwadhika Digital Technology School, Techpolitan Digital Industry School, dan Creative Nest.

Monash University disebut-sebut berencana masuk pada Oktober 2021. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait