Riset: Fintech Unggul Dibandingkan Perbankan Saat Ramadan

Riset ShopeePay dan Jakpat menunjukkan, fintech dompet digital lebih banyak digunakan ketimbang kartu debit dan kredit saat ramadan. Salah satu faktor pendorongnya yakni promosi.
Image title
26 April 2021, 16:03
Riset: Fintech Unggul Ketimbang Bank Saat Ramadan karena Promosi
Katadata/desy setyowati
Ikon aplikasi fintech pembayaran LinkAja, GoPay, OVO, dan DANA

Riset ShopeePay dan Jakpat Mobile Survey menunjukkan, dompet digital (e-wallet) lebih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ramadan. Persentasenya lebih tinggi ketimbang layanan bank seperti kartu debit atau kredit.

Head of Research Jakpat Aska Primardi mengatakan, 80% dari 1.214 responden yang disurvei pada April, memilih dompet digital saat ramadan dan lebaran. Sedangkan metode pembayaran lainnya yakni uang tunai (56%), kartu debit (26%), dan kartu kredit (5%).

“Itu menunjukkan bahwa konsumen banyak menghabiskan waktu di rumah saja selama ramadan. Mereka memilih melakukan pembayaran untuk belanja dengan uang digital,” kata Aska saat konferensi pers virtual, Senin (26/4).

Sebanyak 87% memilih dompet digital karena banyaknya promosi. Bahkan, 67% di antaranya mengharapkan uang kembali (cashback).

Penggunaan dompet digital juga bertujuan menghindari kontak fisik guna mengantisipasi penularan virus corona. Riset tersebut sejalan dengan survei ShopBack, sebagai berikut:

Di Indonesia, ada beberapa fintech pembayaran yang menyediakan dompet digital seperti ShopeePay, GoPay, OVO, DANA, dan LinkAja. Meski begitu, bank juga memiliki aplikasi mobile banking seperi BCA Mobile dan Livin by Mandiri.

Untuk kategori produk yang dibeli selama ramadan dan lebaran, 94% merupakan makanan dan minuman. Kemudian, kebutuhan masak dan rumah tangga 78%, produk kesehatan 58%, pakaian 45%, perawatan kecantikan 31%, dan lainnya.

Masyarakat juga memilih berdonasi dengan layanan digital selama ramadan dan lebaran tahun ini. Lebih dari 60% responden memilih bersedekah online. Kemudian 94% responden tertarik menggunakan uang digital untuk menyalurkan donasi atau sedekah.

Selain itu, layanan pembayaran digital diperkirakan banyak digunakan untuk pembayaran tunjangan hari raya (THR). Riset mengungkapkan bahwa 80% responden memilih uang digital sebagai metode pembagian THR untuk sanak saudara.

Head of Campaigns and Growth Marketing ShopeePay Cindy Candiawan mengatakan, perusahaan akan gencar menggelar promo selama ramadan tahun ini untuk menggaet banyak pengguna. “Kami bekerja sama dengan para mitra (merchant) memberikan promo dan penawaran menarik,” katanya.

ShopeePay pun meluncurkan kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals mulai hari ini hingga menjelang lebaran (11/5). Promosi yang diberikan yakni ShopeePay Deals Rp 1, Alfamart Murmer diskon hingga 70%, dan kirim THR gratis ribuan emas.

E-wallet lainnya yakni GoPay juga memberikan cashback hingga 90%. Sedangkan OVO menyediakan tabungan reksa dana Rp 100 ribu dan cashback Rp 50 ribu berupa OVO Points selama 25 April - 8 Mei.

LinkAja juga memberikan promosi selama ramadan, salah satunya hemat jajan makanan dan minuman hingga Rp 180 ribu. Sedangkan DANA menyiapkan hadiah Rp 150 juta. Untuk mendapatkannya, pengguna perlu voucer yang tersedia setiap pekan selama 13 April - 9 Mei.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait