Bursa Aset Kripto Zipmex Layani Pembelian Lamborghini Pakai Bitcoin

Zipmex memfasilitasi pembelian Lamborghini menggunakan uang kripto (cryptocurrency) seperti bitcoin di Thailand. Kini, bursa aset digital itu menyasar pasar Singapura.
Image title
29 April 2021, 15:12
Bursa Aset Kripto Zipmex Layani Pembelian Lamborghini Pakai Bitcoin
Katadata
Ilustrasi bitcoin

Bursa aset digital di Asia Tenggara, Zipmex memfasilitasi pembelian Lamborghini menggunakan mata uang kripto (cryptocurrency) seperti bitcoin. Layanan ini diklaim yang pertama di Asia.

Salah satu pengguna yang membeli Lamborghini menggunakan aplikasi Zipmex yakni Jo Chirawat. Warga Thailand ini membayar uang muka dalam bentuk bitcoin kepada Huracán EVO RWD 2021 di Renazzo Motor Co. Ltd, Bangkok.

Sisa pembayaran pembelian Lamborghini juga akan dibayarkan dalam bentuk bitcoin. “Ini tonggak bersejarah bagi Zipmex, Renazzo Motor, dan sistem pembayaran aset kripto di Asia Tenggara,” kata CEO Zipmex Marcus Lim dalam siaran pers, Kamis (29/4).

Renazzo Motor menerima pembayaran menggunakan dua jenis aset kripto yakni bitcoin (BTC) dan USD Tether (USDT), serta token Zipmex (ZMT). Ini melalui jaringan pembayaran kripto milik Zipmex, yakni ZipSpend.

Advertisement

Kurs tukar akan dikunci pada saat pembelian untuk mengurangi potensi volatilitas. “Kami secara aktif menyambut semua mitra yang tertarik untuk menerima pembayaran kripto,” kata Marcus.

Zipmex beroperasi di Indonesia, Singapura, Thailand, dan Australia. Bursa ini menyediakan akses ke berbagai layanan keuangan, termasuk pembayaran digital, pertukaran, dan simpanan berbunga.

Hingga saat ini, platform Zipmex telah memfasilitasi volume transaksi lebih dari US$ 1 miliar sejak diluncurkan pada akhir 2019. Di Thailand, perusahaan membukukan pertumbuhan lima kali lipat dalam hal akuisisi pelanggan. Sedangkan volume transaksi dan dana kelolaan tumbuh 10 kali lipat pada pertengahan tahun lalu.

Bursa aset digital tersebut bermitra dengan Renazzo Motor untuk memperluas layanan pembayaran kripto di Asia Tenggara. Zipmex juga memperkuat daftar toko atau pedagang di Thailand yang terintegrasi dengan ZipSpend.

Marcus mencontohkan, galeri kontemporer NOVA memungkinkan pecinta seni rupa membeli karya menggunakan uang kripto. Lalu, distributor kendaraan Tesla di Thailand, WasuthaGroup menjual produk lewat Zipmex untuk memproses pembayaran dalam bitcoin.

Zipmex kini mengincar pasar Singapura yang sudah akrab dengan kripto. “Seiring dengan pertumbuhan tim, kami berencana meningkatkan integrasi pedagang di seluruh wilayah, dengan Singapura sebagai titik fokus,” ujar Marcus.

Salah satu upaya mendorong ekspansi pembayaran aset kripto yakni dengan menghadirkan token Zipmex (ZMT) pada akhir tahun lalu. Pemegang kripto dapat berinvestasi di ZMT seperti halnya sekuritas, menggadai aset di bursa dan mendapat bunga, melakukan pembayaran, serta program loyalitas dari merchant.

Kapitalisasi pasar ZMT saat ini lebih dari US$ 243 juta. “ZMT memungkinkan kami memberikan nilai lebih pada proses pembayaran,” kata dia. “Kami dapat memberikan biaya transaksi yang lebih murah dan keuntungan lainnya langsung kepada pengguna. Selain itu, memaksimalkan produk.”

Perusahaan juga berencana memperkuat bisnis dengan meluncurkan ZipNFT untuk pasar NFT, Z-Launchpool. ZipNFT merupakan tempat peluncuran dan mekanisme pendanaan untuk proyek baru. Lalu, akan merilis ZipCard atau kartu pembayaran bagi pengguna. 

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait