Viral Kurir Dimaki Pembeli, Ninja Xpress Beri Tips Belanja Online COD

Viral pembeli memaki kurir karena barang yang dipesan tidak sesuai, saat berbelanja online secara COD. Ninja Xpress pun membagikan tips agar kejadian serupa tak terulang.
Image title
19 Mei 2021, 17:45
Viral Kurir Dimaki Pembeli, Ninja Xpress Beri Tips Belanja Online COD
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Beberapa waktu lalu, pengguna e-commerce yang berbelanja dengan metode bayar di tempat atau cash on-delivery (COD) viral di media sosial karena memaki kurir. Perusahaan logistik Ninja Xpress membagikan empat tips agar kejadian serupa tak terulang.

Pertama, konsumen perlu memahami peran pembeli, penjual, dan kurir saat bertransaksi COD. CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa menjelaskan, kurir hanya bertugas mengantar paket dan memastikan barang diterima oleh pelanggan.

Apabila barang yang diterima tidak sesuai pesanan atau berbeda dari yang diharapkan, maka pembeli dapat menyampaikan keluhan kepada penjual. Beberapa e-commerce seperti Lazada, memberikan layanan pengembalian barang.

Proses pengembalian barang diatur oleh masing-masing perusahaan e-commerce.

Advertisement

Untuk pembeli di media sosial seperti Instagram, Facebook maupun WhatsApp, pembeli dapat mengembalikan barang sesuai dengan kesepakatan bersama penjual.

"Manfaatkan layanan COD secara tepat guna meminimalkan kejadian yang tidak diharapkan kedepan," ujar Andi dalam siaran pers, Rabu (19/5).

Kedua, pembeli harus memastikan toko online memiliki catatan baik dengan mengkaji kolom komentar di masing-masing produk dan jumlah bintang penilaian. Konsumen bisa bertanya ke penjual lewat fitur percakapan (chat) di platform e-commerce, guna memastikan barang yang akan dibeli sesuai dengan deskripsi.

Ketiga, memahami syarat dan ketentuan berbelanja. Setiap e-commerce memiliki kebijakan berbeda. 

Pembeli harus mengetahui hal-hal seperti harga minimal dan maksimal pembelian, penyedia layanan logistik yang bekerja sama dengan toko hingga area jangkauan jasa kirim. 

Keempat, memanfaatkan layanan customer care. Ninja Xpress misalnya, menyediakan tim perlindungan untuk konsumen yang diklaim merespons maksimal 30 detik lewat telepon. Selain itu, tiga menit jika melalui fitur chat dan dua jam lewat email.

Andi memastikan, tim customer care Ninja Xpress menanggapi keluhan maksimal 2 x 24 jam.

Sebelumnya, cuplikan video pembeli yang memaki kurir dengan kata-kata kasar saat mengantarkan barang yang dibeli secara COD, viral di media sosial. Konsumen itu meminta barang dikembalikan ke penjual, karena diklaim tidak sesuai.

"Ini barangnya tidak sesuai," kata pembeli dalam cuplikan video.

Kurir yang merekam kejadian tersebut sempat menjelaskan prosedur belanja online menggunakan sistem COD kepada pembeli.

Sebelumnya, kurir Ninja Xpress juga sempat ditodong pistol oleh konsumen yang berbelanja online menggunakan sistem COD. Pembeli itu menolak untuk membayar sandal yang ia beli karena tidak sesuai dengan pesanan. Namun, kasus ini kemudian ditangani oleh kepolisian.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait