Empat Ponsel yang Bisa Akses 5G Telkomsel, Samsung dan Apple Belum

Pada tahap awal, baru empat varian ponsel yang bisa digunakan untuk mengakses internet 5G Telkomsel. Gawai Samsung dan Apple belum termasuk.
Desy Setyowati
31 Mei 2021, 07:42
Empat Ponsel yang Bisa Akses 5G Telkomsel, Samsung dan Apple Belum
ANTARA FOTO/ Reno Esnir/aww.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate (kanan) didampingi Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro (tengah) dan Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio (kiri) dan jajaran Komisaris serta Direksi Telkom Group dan Telkomsel berfoto bersama dalam acara Telkomsel 5G Grand Launch Unlock The Future di Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Saat ini, baru empat jenis ponsel pintar (smartphone) yang bisa mengakses jaringan internet generasi kelima alias 5G dari Telkomsel. Gawai buatan Samsung dan Apple belum dapat memfasilitasi layanan tersebut.

Keempat ponsel tersebut yakni Oppo Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro. “Pada fase awal (pilihan gadget yang dapat digunakan) masih terbatas,” kata Manager Media Relation Telkomsel Kurnia Purwanto kepada Katadata.co.id, Senin (31/5).

Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak (software) agar smartphone  dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G. Prosedur ini akan disediakan oleh masing-masing produsen gawai.

Dalam keterangan tertulis, Telkomsel menyebutkan bahwa perangkat yang mendukung layanan 5G dari perusahaan yakni yang mempunyai kemampuan teknologi 5G NSA atau non-standalone pada frekuensi 2300 MHz atau 2,3 GHz.

Selain keempat ponsel tersebut, ada beberapa varian gawai yang mendukung frekuensi dalam Band 40 atau 2,3 GHz. Gawai ini di antaranya Samsung Galaxy S21 5G, S21+ 5G, dan S21 Ultra 5G.

Lalu, Xiaomi Mi 10T, Mi 10, dan Poco M3. Kemudian, varian iPhone 12 dari Apple.

Selain itu, Vivo V21, serta Oppo Reno 5  dan A74 . Lalu, Huawei Mate 40 dan Nova 7.

Oleh karena itu, Telkomsel akan memperluas kerja sama dengan berbagai mitra produsen gawai, termasuk Apple dan Samsung. “Kami akan terus melakukan upaya bertahap dan terukur agar dapat memperluas dan mempermudah ketersediaan layanan Telkomsel 5G bagi masyarakat, termasuk memperdalam kolaborasi dengan penyedia perangkat 5G,” kata General Manager Loyalty and Device Partnership Management Telkomsel Lolyta Sihite dalam siaran pers, Sabtu (29/5).

Salah satu mitra Telkomsel yang bisa menyediakan layanan 5G yakni Vivo. Product and Marketing Strategy Director Vivo Indonesia Denny Galant menyampaikan, perusahaan meluncurkan vivo X60 Series dan vivo V21 Series mendukung jaringan 5G, termasuk band 40.

Namun, baru Vivo X60 Series yang bisa digunakan untuk mengakses layanan 5G Telkomsel pada tahap awal. Denny menyampaikan, perusahaan akan melanjutkan komunikasi terkait langkah penyesuaian dan pemakaian.

“Bukan hanya dari aspek cip (chipset), kami memastikan spesifikasi lainnya pada vivo X60 Series dan vivo V21 Series seperti antena dan software mampu terkoneksi dengan jaringan 5G,” ujar Denny.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait