Grab Blokir Sementara Restoran Viral yang Diduga Punya Tujuh Akun

Warganet di media sosial ramai membicarakan merchant GrabFood dan GoFood yang memiliki banyak akun. Grab menangguhkan sementara akun mitra, dan menggelar investigasi.
Image title
14 Juni 2021, 12:53
Grab Blokir Sementara Restoran Viral yang Diduga Punya Tujuh Akun
Katadata/desy setyowati
Ilustrasi aplikasi Gojek dan Grab

Unggahan salah satu pengguna GrabFood dan GoFood tentang restoran yang memiliki tujuh akun viral di media sosial akhir-akhir ini. Grab pun menangguhkan sementara akun mitra penjual (merchant) yang dimaksud.

Juru bicara Grab menyampaikan, perusahaan tengah menginvestigasi isu tersebut. “Saat ini, mitra merchant yang dilaporkan sudah ditangguhkan (suspend) sementara investigasi berjalan,” kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (14/6).

Decacorn Singapura itu pun mengimbau konsumen dan mitra pengemudi yang mengantar untuk melaporkan merchant mencurigakan atau menyesatkan di platform. Untuk konsumen bisa melalui help.grab.com/passenger/id. Sedangkan mitra pengemudi lewat help.grab.com/driver/id.

“Grab akan melakukan investigasi terhadap setiap laporan dan mengambil tindakan apabila mitra merchant terbukti melanggar kode etik,” kata juru bicara Grab.

Advertisement

Katadata.co.id juga sudah mengonfirmasi informasi viral tersebut kepada Gojek. Namun, belum ada respons.

Sebelumnya, akun Instagram @_sadfood mengunggah konten yang menjelaskan bahwa warganet berinisial K mendatangi salah satu merchant GrabFood dan GoFood. K membuat video yang menggambarkan restoran tersebut.

K menyampaikan bahwa merchant tersebut memiliki banyak akun, dengan nama restoran yang sudah dikenal. “Gambar makanan (di platform) bagus, tetapi (yang datang) seperti ini,” kata dia dalam video tersebut.

Viral warganet mengunggah video tentang merchant GrabFood dan GoFood dengan banyak akun
Viral warganet mengunggah video tentang merchant GrabFood dan GoFood dengan banyak akun (Instagram/@_sadfood)

 

Ia juga mengambil gambar beberapa ponsel di restoran. K curiga gadget tersebut digunakan untuk mengoperasikan banyak akun merchant di GrabFood dan GoFood.

“Saya curiga restoran ini abal-abal,” kata dia. “Ada handphone berjajar. Untuk apa satu restoran mempunyai banyak ponsel? Kalau satu restoran mempunyai tujuh akun (merchant), omzetnya sudah berapa?”

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait