Tujuh Bocoran Tampilan Windows 11 Microsoft yang Dirilis Hari Ini

Microsoft dikabarkan akan meluncurkan sistem operasi Windows 11 hari ini (24/6). Ribuan orang sudah menggunakan versi beta dan memberikan tujuh bocoran tampilan.
Image title
24 Juni 2021, 12:48
Tujuh Bocoran Tampilan Windows 11 Microsoft yang Dirilis Hari Ini
Microsoft
Ilustrasi Windows

Microsoft dikabarkan akan meluncurkan sistem operasi atau operating system (OS) Windows 11 hari ini (24/6). Namun versi beta OS buatan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) sudah digunakan oleh ribuan orang.

Kabar peluncuran Windows 11 berlangsung pada hari ini muncul setelah CEO Microsoft Satya Nadella mengungkapkan akan ada OS generasi baru. "Pekan ini menjadi waktu yang monumental bagi Microsoft untuk mengungkapkan Window 11 yang seluruhnya baru," demikian dikutip dari Express.co.uk, Rabu (23/6).

Meski begitu, beberapa orang mengaku sudah mengunduh Windows 11 versi beta. Laporan tim Torrent Freak menunjukkan, ada ribuan pengguna yang telah mencoba.

Berdasarkan pengalaman ribuan pengguna itu, The Verge merangkum tujuh bocoran tampilan Windows 11. “Ada menu start baru, sudut membulat, dan banyak lagi," kata senior editor The Verge Tom Warren melalui akun Twitter @tomwarren, pekan lalu (15/6).

Advertisement

Pertama, ikon taskbar berada di tengah, yang mirip dengan OS buatan Apple yakni macOS. Namun untuk Windows 11, tampilan taskbar bisa dikembalikan ke kiri seperti biasa.

Kedua, tidak ada fitur live tile pada menu start. Di Windows 8 hingga 10, tools ini memungkinkan pengguna mendapatkan informasi seperti olahraga dan lainnya dari tile secara real-time.

Ketiga, logo Windows berubah meniadi empat persegi berukuran sama. Sebelumnya berbentuk trapesium.

Bocoran tampilan Windows 11
Bocoran tampilan Windows 11 (Twitter/@tomwarren)

Keempat, desain Windows 11 banyak yang berbentuk sudut membulat. Kelima, tombol maximize mempunyai beberapa opsi, seperti side by side, grid of three, atau grid of four.

Keenam, tampil dengan lagu saat perangkat dihidupkan. Terakhir, kabarnya Microsoft bakal memperbarui Microsoft Store.

Pengguna Windows 10 otomatis bisa memperbarui OS secara gratis ketika Windows 11 dirilis. Namun XDA Developers melaporkan, pemakai Windows 7 dan 8.1 kemungkinan dapat beralih ke Windows 11 tanpa dipungut biaya.

Berdasarkan penelusuran XDA Developers terhadap kunci konfigurasi dalam Pkeyconfig pada build Windows 11 yang bocor, ada jalur pemutakhiran bagi pengguna Windows 7, 8, dan 8.1.

Setelah dicoba, kunci konfigurasi itu bisa digunakan untuk pemakai Windows 7 dan 8.1. Sedangkan file Windows 8 tidak mendukung.

"Bukti menunjukkan bahwa pengguna yang masih menggunakan Windows 7 atau 8.1, dapat meningkatkan (OS) ke Windows 11 secara gratis," demikian dikutip dari XDA Developers, pekan lalu (17/6).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait