E-commerce Gencar Gaet Artis Korea Jelang Festival Belanja 9.9 – 12.12

Setelah Shopee dan Tokopedia, e-commerce Lazada dan Blibli menggaet artis Korea Selatan jelang festival belanja 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12. Analis menilai, strategi ini bisa mendongkrak transaksi.
Image title
23 Agustus 2021, 12:33
shopee, tokopedia, lazada, e-commerce, lee min ho
Instagram @lazada_id dan @bliblidotcom
Brand ambassador LazMall Hyun Bin dan dari Blibli, Park Seo Joon

Setelah Shopee dan Tokopedia, e-commerce seperti Lazada dan Blibli menggaet artis Korea Selatan jelang festival belanja 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12. Analis menilai bahwa strategi menggaet influencer bisa mendongkrak transaksi, terutama menjelang pesta diskon akhir tahun.

Lazada menggaet Lee Min Ho sebagai brand ambassador dalam rangka 11.11 tahun lalu. Kini, e-commerce asal Singapura itu menggaet Kim Tae-pyung atau yang dikenal dengan Hyun Bin sebagai duta merek LazMall.

Sedangkan Blibli menggaet pemeran utama Itaewon Class, Park Seo Joon. Lalu Tokopedia tetap menggaet boyband asal Korea Selatan, BTS.

Peneliti bisnis dan pemasaran dari Universitas Prasetiya Mulya Agus Soehadi mengatakan, strategi menggaet influencer bertujuan meningkatkan minat dan kepercayaan konsumen terhadap brand. "Setiap endorser atau influencer memiliki fan yang loyal dan fanatik, seperti artis Korea Selatan. Mereka tentu berusaha mengikuti apa yang disukai atau direkomendasikan oleh idola," ujar Agus kepada Katadata.co.id, Senin (23/8).

Advertisement

Dengan meningkatnya minat dan kepercayaan konsumen, maka transaksi terutama saat festival belanja bisa ikut terdongkrak. "Ada dampaknya terhadap penjualan," ujar Agus.

Kenaikan transaksi setelah menggaet artis Korea sempat dialami oleh Shopee. E-commerce asal Singapura ini menggandeng Blackpink dalam rangka hari belanja online nasional (harbolnas) 12.12 di Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Indonesia pada 2018.

Saat itu, Shopee mencatatkan rekor 12 juta lebih transaksi di tujuh negara. Sebanyak 5,4 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Lebih dari 48 juta pengguna mengunjungi platform Shopee. Selain itu, gim goyang Shopee dimainkan 46 juta kali

Dalam waktu tiga bulan, Shopee menyalip Lazada dari sisi jumlah kunjungan terbanyak per bulan ke platform di regional pada awal 2019. Padahal Lazada masih memimpin pada akhir 2018, berdasarkan data iPrice.

Jumlah kunjungan ke platform Shopee pada kuartal I 2019 naik 5% dibandingkan kuartal IV 2018 secara regional. Sedangkan Lazada turun 12%.

Shopee pun menggandeng lebih banyak selebritas Korea Selatan seperti Red Velvet, GFriend, ITZY, Mamamoo, Monsta X, GOT7 hingga Stray Kids.

Namun menjelang festival belanja akhir tahun ini, Shopee memilih aktor laga Joe Taslim dan asal Hong Kong, Jackie Chan sebagai brand ambassador. “Kami melihat Shopee dan Joe Taslim memiliki visi dan misi yang sama untuk menyebarkan inspirasi, semangat dan harapan untuk terus bertahan," ujar Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto dalam siaran pers, Minggu (22/8).

Shopee menghadirkan Joe Taslim dalam kampanye 9.9 bertajuk Super Shopping Day selama 18 Agustus hingga 12 September. Promosi yang diberikan berupa COD Gratis Ongkir, Tanam ShopeePay hingga Rp 30 Miliar dan Super Serba Seribu.

Berdasarkan riset perusahaan penyedia layanan periklanan digital The Trade Desk, e-commerce dan brand harus memanfaatkan momen festival belanja untuk meningkatkan transaksi. Sebab, transaksi konsumen meningkat selama periode ini.

Sebanyak 42% dari 2.000 lebih responden di Indonesia merencanakan belanja dan bertransaksi saat pesta diskon. Namun, persentase konsumen impulsif atau tanpa perencanaan juga meningkat dari 14% menjadi 26% saat festival belanja.

"Ini kesempatan bagi para pengiklan dan brand untuk membuat strategi branding secara kuat saat festival belanja," ujar Country Manager The Trade Desk Indonesia Florencia Eka saat konferensi pers virtual, pekan lalu (19/8).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait