Elon Musk Kirim Orang ke Luar Angkasa Usai ‘Bajak’ Pegawai Jeff Bezos

Perusahaan besutan Elon Musk, SpaceX akan memberangkatkan empat kru sipil ke ruang angkasa besok (15/9). Korporasi ini sebelumnya merekrut 17 pegawai Blue Origin milik Jeff Bezos.
Image title
14 September 2021, 09:39
elon musk, jeff bezos, spacex,
ANTARA FOTO/REUTERS/Gene Blevins/foc/cf
SpaceX starships SN9 (ki) dan SN10 terus menunggu untuk uji coba terbang saat matahari terbenam di fasilitas peluncuran di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat, Senin (1/2/2021).

Perusahaan besutan Elon Musk, SpaceX akan memberangkatkan empat kru sipil ke ruang angkasa besok (15/9). Korporasi ini sebelumnya merekrut 17 pegawai Blue Origin milik Jeff Bezos.

Meski begitu, kru yang akan menjalankan misi SpaceX Insipiration4 ke luar angkasa bukan hanya pegawai, tetapi juga warga sipil. Salah satunya, merupakan pendiri perusahaan jasa pembayaran Shift4 Payments, Jared Isaacman.

Jared menjadi donatur dalam misi tersebut. Ia juga akan menjadi komandan kru.

Kru sipil lain yang berpartisipasi yakni Chris Sembroski, Sian Proctor, dan Hayley Arceneaux. Mereka berempat akan pergi ke luar angkasa menggunakan ruang angkasa buatan SpaceX.

Advertisement

Pesawat itu akan dibantu oleh roket Falcon 9 saat peluncuran di NASA's Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat (AS).

"Prakiraan terbaru dari Angkatan Luar Angkasa AS, 70% kemungkinan kondisi yang menguntungkan untuk lepas landas di kompleks peluncuran," kata SpaceX Inspiration4 dikutip dari CNET, Senin (13/9).

Misi Inspiration4 tidak bermaksud mengunjungi stasiun luar angkasa Internasional seperti para astronot dari lembaga antariksa Amerika Serikat (AS), The National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Dalam blog resmi SpaceX, itu merupakan misi penerbangan luar angkasa sipil pertama di dunia yang mengorbit. Awak akan terbang jauh lebih tinggi dan lama dibandingkan ketika Jeff Bezos ke ruang angkasa menggunakan roket New Shepard pada Juli (20/7).

Saat itu, Jeff Bezos ke luar angkasa ditemani oleh saudara laki-laki berusia 50 tahun, Mark. Ia juga ditemani astronot perempuan, Wally Funk dan penumpang lain berusia 18 tahun yang memenangkan lelang Oliver Daemen.

Mereka pergi ke luar angkasa menggunakan roket New Shepard berbentuk kapsul dengan jendela besar. Wahana ulang alik tersebut telah berhasil mencapai ketinggian 106 km di Garis Karman, sehingga keempatnya mengalami gravitasi nol. 

Bezos menghabiskan sekitar 11 menit dan pulang kembali ke bumi.

Selain meniru Jeff Bezos mengirim warga sipil ke luar angkasa, SpaceX sebelumnya merekrut pegawai Blue Origini. Salah satu dari 17 karyawan yang direkrut merupakan penanggung jawab roket New Shepard.

Mereka di antaranya senior vice president untuk New Shepard Steve Bennett, chief of mission assurance Jeff Ashby, national security sales director Scott Jacobs, senior director untuk New Glenn Bob Ess, first stage senior director untuk New Glenn Tod Byquist, serta senior finance manager untuk New Glenn Bill Scammell.

Seorang engineer utama Blue Origin juga termasuk yang keluar. "Engineer utama itu malah bergabung dengan SpaceX milik Elon Musk," demikian dikutip dari Business Insider, bulan lalu (22/8).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait