Mundur dari CEO Amazon Hari Ini, Jeff Bezos ke Luar Angkasa 20 Juli

Jeff Bezos resmi mundur dari posisi CEO Amazon per hari ini (5/7). Orang terkaya di dunia ini pun bakal bepergian ke luar angkasa pada 20 Juli.
Desy Setyowati
5 Juli 2021, 15:35
Mundur dari CEO Amazon Hari Ini, Jeff Bezos ke Luar Angkasa 20 Juli
Instagram/@jeffbezos
Pendiri Amazon, Jeff Bezos

Jeff Bezos resmi mundur dari posisi CEO Amazon per hari ini (5/7). Orang terkaya di dunia ini pun bakal bepergian ke luar angkasa pada 20 Juli.

Posisi Bezos akan ditempati oleh Andy Zassy, yang sebelumnya menduduki posisi CEO Amazon Web Services (AWS). Sedangkan Bezos akan tetap menjadi ketua eksekutif dan pemegang saham terbesar.

“Tetapi akun Instagram-nya menunjukkan bahwa dia memiliki banyak minat lain untuk mengisi waktu,” demikian dikutip dari Reuters, Minggu (4/7). Salah satunya, Bezos akan melakukan perjalanan ke subordinat.

Ia akan pergi bersama saudara laki-laki, Mark, pemenang lelang yang membayar lebih dari US$ 28 juta (Rp 406 miliar), serta Wally Funk. Funk merupakan wanita berusia 82 tahun, yang sempat mengajukan diri sebagai anggota ‘Mercury 13’ atau dikenal sebagai program wanita di luar angkasa pada 1961.

Advertisement

Keempatnya bakal menjelajahi ruang angkasa menggunakan New Shepard dari Blue Origin. Blue Origin adalah perusahaan roket yang didirikan oleh Bezos pada 2000.

Bezos juga sempat mengunggah konten di Instagram tentang nominasi Oscar dan kemenangan Golden Globe untuk Amazon Studios. Selama pertemuan tahunan terakhir sebagai CEO, dia berbicara tentang rencana Amazon mengakuisisi perusahaan studio film Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) US$ 8,45 miliar atau Rp 121 triliun.

Amazon menilai permintaan layanan video on demand (VoD) atau streaming film yang potensial. Jika itu terwujud, perusahaan e-commerce itu akan bersaing dengan Netflix hingga Disney +.

Pada Februari, Bezos menyampaikan akan berfokus pada produk baru. Selain itu, inisiatif awal,” kata dia dalam surat untuk karyawan, dikutip dari CNBC Internasional pada awal tahun (3/2).

Melalui surat itu, ia juga mengatakan bahwa Andy bekerja di Amazon cukup lama. “Hampir selama saya. Dia akan menjadi pemimpin yang luar biasa, dan memiliki kepercayaan penuh saya,” kata dia.

Bezos mendirikan Amazon pada 1994, yang semula merupakan toko buku online. Sedangkan Andy bergabung pada 1997. Oleh karena itu, Bezos memilih Andy sebagai pengganti.

Pada April, Bezos menyampaikan surat kepada investor bahwa dia akan berfokus pada inisiatif baru sebagai ketua eksekutif dan menjadikan Amazon tempat yang lebih baik untuk bekerja. Ini disampaikan setelah beberapa karyawan berunjuk rasa terkait protokol kesehatan di tempat kerja selama pandemi corona.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait