Apple Kembangkan Alat Deteksi Kesehatan Mental Lewat iPhone

Apple sedang mencari cara untuk mendeteksi dan mendiagnosis kondisi kesehatan mental melalui iPhone. Fitur-fitur seperti ini menjadi fokus Apple dalam beberapa tahun terakhir.
Image title
23 September 2021, 10:35
Apple, iphone, kesehatan mental
Apple
iPhone Apple

Apple sedang mencari cara untuk mendeteksi dan mendiagnosis kondisi kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan penurunan kognitif menggunakan iPhone. Setelah berhasil mendeteksi, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini berencana membuat fitur khusus.

Raksasa teknologi itu menggaet University of California Los Angeles (UCLA) untuk melakukan penelitian deteksi kesehatan mental. Keduanya melakukan pelacakan kepada 3.000 sukarelawan tahun ini untuk mempelajari tingkat stres, kecemasan, dan depresi menggunakan data Apple Watch dan iPhone.

Kemudian, para peneliti menganalisis sejumlah data seperti mobilitas, pola tidur, cara orang mengetik, ekspresi wajah, detak jantung, dan pernapasan. "Harapannya dapat menemukan perilaku yang terkait dengan kondisi kesehatan mental mereka," demikian dikutip dari Engadget, Rabu (22/9).

Semua pemrosesan dilakukan di perangkat, tanpa ada data yang dikirim ke server Apple.

Sebelumnya, Apple dan UCLA melakukan tahap percontohan pelacakan tersebut tahun lalu. Pelacakan dilakukan kepada 150 sukarelawan.

Selain UCLA, Apple menggaet perusahaan farmasi Biogen pada Januari untuk mengerjakan studi dua tahun tentang pemantauan fungsi kognitif manusia. Tujuannya, mendeteksi gangguan kognitif ringan, yang berpotensi berkembang menjadi Alzheimer.

Mereka melacak sekitar 20 ribu sukarelawan. Hasilnya, setengah dari mereka memiliki risiko tinggi gangguan kognitif.

Apabila studi dengan UCLA dan Biogen berjalan lancar, Apple akan membuat fitur khusus. Nantinya, fitur ini bisa memperingatkan pengguna jika melihat tanda-tanda gangguan pada kesehatan mental.  

Kemudian, iPhone akan mendorong pengguna untuk mencari perawatan yang dapat meningkatkan kualitas hidup dalam jangka panjang.

Kesehatan memang telah menjadi fokus Apple dalam beberapa tahun terakhir. CEO Apple Tim Cook pernah mengatakan bahwa sektor kesehatan merupakan teknologi paling bermanfaat bagi manusia yang pernah dikembangkan oleh perusahaan. 

Bahkan, Apple telah membangun tim yang terdiri dari staf dokter, ahli kesehatan hingga teknologi. Produsen iPhone ini juga mengembangkan berbagai produk kesehatan buatan, salah satunya jam tangan pintar Apple Watch yang dilengkapi sensor khusus.

Sensor itu dapat mendeteksi detak jantung menggunakan elektrodiagram. Lalu memperingatkan pengguna jika terjadi ketidakteraturan irama jantung.

Director of Consumer Technology di Creative Strategies Ben Bajarin mengatakan, teknologi kesehatan Apple bisa menjadi langkah preventif masyarakat menghindari berbagai masalah kesehatan. "Saya pikir ada banyak peluang bagi Apple untuk tetap bertahan," kata Bajarin dikutip CNBC International, tahun lalu (20/6).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait