Kopi Kenangan Rambah Produk yang Sasar Penggemar BTS

Kopi Kenangan menjadi distributor merchandise BTS x Built NY Project resmi pertama di Asia Tenggara. Startup kuliner ini melakukan berbagai pivot seperti merambah bisnis ayam hingga perawatan kulit.
Desy Setyowati
24 September 2021, 16:16
BTS, kopi kenangan, startup, kuliner
Kopi Kenangan
BTS Tumbler

Kopi Kenangan bekerja sama dengan BTS x Built NY Project dalam menyediakan merchandise resmi. Startup di bidang kuliner ini menjadi distributor resmi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Startup jaringan kedai kopi itu mencatat, BTS mempunyai lebih dari 90 juta penggemar di dunia. Sedangkan Co-Founder sekaligus CBO Kopi Kenangan James Prananto menyampaikan, perusahaan selalu mencari cara baru untuk menghadirkan produk yang disukai para konsumen.

Melalui BTS x Built NY Project, Kopi Kenangan akan menghadirkan masing-masing delapan tumblers dan botol. Merchandise ini memiliki desain yang terinspirasi dari motif wardrobe yang digunakan BTS dalam music video IDOL pada 2018.

Meskipun kolaborasi secara global dilakukan sejak Juni, 16 item khusus BTS itu akan dijual untuk pertama kali di Indonesia mulai bulan ini. “Kerja sama ini merupakan upaya kami untuk memberikan inovasi terbaik kepada setiap pelanggan, termasuk BTS dan para penggemar di Indonesia,” ujar James dalam keterangan pers, Jumat (24/9).

Ia juga menyampaikan, ada kesamaan antara Kopi Kenangan dan BTS, yakni misi menjadi merek (brand) global. “Sebagai satu-satunya distributor resmi di Indonesia dan pertama di Asia Tenggara, kami berharap dapat memudahkan penggemar BTS di Indonesia yang ingin mendukung idola melalui merchandise,” ujarnya.

BTS merupakan boy band asal Korea Selatan yang terdiri tujuh anggota yakni RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jung Kook. BTS merupakan selebritas K-Pop yang memiliki penghasilan tertinggi di YouTube, sebagaimana terlihat pada Databoks di bawah ini:

Pemegang lisensi dari BTS x Built NY SDF International menyampaikan, Kopi Kenangan dipilih sebagai distributor pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, karena antusiasme dan euforia pangsa pasar proyek ini yang tinggi di Tanah Air.

“Kami juga percaya akan kompatibilitas dan kompetensi Kopi Kenangan sebagai salah satu brand lokal terbesar. Maka, kami yakin untuk menggandeng Kopi Kenangan dalam BTS x Built NY Project ini,” kata dia. 

Official merchandise BTS x Built NY akan resmi dijual melalui official store Kopi Kenangan di Shopee mulai Selasa pekan depan (28/9). Lalu Tokopedia dan Blibli mulai 5 Oktober.

Sebelumnya, Kopi Kenangan menggaet brand lokal Somethinc untuk merambah bisnis perawatan kulit. Keduanya meluncurkan Coffeeinc Body Scrub dan Lip Scrub berbahan dasar kopi.

Co-Founder sekaligus CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengatakan, kerja sama dengan Somethinc menjadi salah satu inovasi perusahaan untuk terus mengeluarkan produk lokal.

“Kolaborasi unik ini berangkat dari pemahaman kami bahwa kopi bukan hanya dapat dinikmati dengan cara diminum, namun juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan kulit,” kata Edward dalam keterangan pers, bulan lalu (27/8).

Startup kuliner itu juga berkolaborasi dengan Pipiltin Cocoa mempromosikan komoditas cokelat lokal dalam bentuk menu minuman chocolate series. Pipiltin Cocoa akan menjadi pemasok tunggal semua produk cokelat yang digunakan Kopi Kenangan.

Perusahaan rintisan dengan konsep grab and go itu pun meluncurkan produk ayam goreng, Chigo. Outlet Chigo terpisah namun tetap menawarkan berbagai variasi minuman Kopi Kenangan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait