Saingi Apple, Microsoft Sediakan Gim Fortnite Epic Games dan Amazon

Microsoft menyediakan gim online dari Epic Games dan Amazon di toko aplikasi. Epic Games sebelumnya berselisih dengan Apple terkait kebijakan App Store.
Desy Setyowati
30 September 2021, 11:04
microsoft, apple, epic games, amazon, game online
123RF.com
Logo Microsoft

Microsoft mengatakan, etalase gim online dari Epic Games dan Amazon tersedia di toko aplikasi. Epic Games sebelumnya berselisih dengan Apple terkait kebijakan App Store.

Game online dari Epic Games, seperti Fortnite dan dari Amazon dapat ditemukan pada fitur pencarian dan jelajah di Microsoft Store di Windows. Perusahaan berjanji, tidak akan memotong transaksi pembelian, jika pihak ketiga memiliki sistem pembayaran sendiri.

Sedangkan Apple mengenakan komisi 30% di toko aplikasi App Store. Epic Games menilai, kebijakan ini tidak adil.

“Ini (kebijakan tidak memungut biaya transaksi) juga tentang memastikan persyaratan bisnis kami adil dan membantu mempromosikan inovasi,” kata Microsoft dikutip dari Bloomberg, Rabu (29/9).

Pendekatan Microsoft itu bertujuan menarik penyedia konten ke platform. Caranya, membandingkan kebijakan dengan Apple.

Epic Gams bahkan menggugat Apple pada Agustus 2020 karena menghapus Fortnite dari App Store. Produsen iPhone itu memblokir Fortnite, karena Epic Games memasukkan sistem pembayaran pihak ketiga sendiri.

Sedangkan Apple mengharuskan pengembang hanya menggunakan sistem pembayaran App Store untuk setiap pembelian di toko aplikasi.

Salah satu hakim di Amerika Serikat (AS) pun memutuskan pada bulan ini, bahwa Apple tidak dapat melarang pengembang (developer) mengarahkan pengguna untuk menyelesaikan pembelian di luar App Store, melewati biaya perusahaan.

Epic mengajukan banding atas putusan tersebut. Sedangkan Apple tidak perlu melakukan perubahan apa pun hingga paling cepat Desember.

Selain Epic Games, beberapa pengembang aplikasi melawan kebijakan Apple tersebut dan membentuk koalisi yang diberi nama The Coalition for App Fairness. Dua di antaranya Spotify dan platform kencan online, Match Group.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait