Cara Traveloka Dongkrak Transaksi meski Libur Akhir Tahun PPKM Level 3

Pemerintah menerapkan PPKM level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru. Traveloka menyiapkan layanan baru untuk mendongkrak transaksi, meski aktivitas di luar rumah diperketat.
Image title
22 November 2021, 17:20
Traveloka Resmikan Kantor Pusat Baru di Digital Hub, BSD City, Tangerang, Kamis (18/3/2021).
Traveloka
Traveloka Resmikan Kantor Pusat Baru di Digital Hub, BSD City, Tangerang, Kamis (18/3/2021).

Pemerintah menetapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 3 di seluruh Indonesia selama libur Natal dan Tahun Baru. Traveloka pun menyiapkan beberapa langkah untuk mendongkrak transaksi, meski aktivitas di luar rumah diperketat saat libur akhir tahun.

PPKM level 3 rencananya bakal digelar selama sepekan yakni 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Ini guna meminimalkan risiko penularan virus corona.

"Kami akan selalu mendukung penuh kebijakan pemerintah termasuk saat libur akhir tahun," kata VP of Brand and Marketing Traveloka Shirley Lesmana dalam konferensi pers virtual, Senin (22/11).

Ia mengatakan, kebijakan dari pemerintah itu bertujuan membuat masyarakat tidak lengah saat liburan. "Kami juga selalu mengimbau agar masyarakat tetap selalu menjalankan protokol kesehatan saat berlibur" ujar dia.

Advertisement

Untuk mendongkrak transaksi di tengah pengetatan aktivitas tersebut, Traveloka meluncurkan layanan baru Holiday Stays. Ini berfokus menyediakan akomodasi privat seperti resort dan vila.

SVP of Traveloka Accommodation and Experience Nelly Nurmalasari mengatakan, perusahaan mengembangkan layanan Holiday Stays karena membaca perubahan tren masyarakat dalam berwisata selama pandemi Covid-19. Tren itu seperti staycation, workstation, dan akomodasi privat.

"Masyarakat cenderung mencari tempat untuk liburan yang memberikan privasi, misalnya di vila, resort hingga glamping," kata Nelly.

Data internal Traveloka mencatat, permintaan akomodasi privat, seperti resort hingga vila meningkat dua kali lipat pada Oktober dibandingkan Januari hingga Agustus. Lonjakan ini terjadi di Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

Oleh karena itu, unicorn tersebut membuat layanan khusus akomodasi privat, Holiday Stays. Cara mengaksesnya yakni:

  • Buka aplikasi Traveloka
  • Pilih ikon Holiday Stays
  • Akan muncul berbagai fitur

Salah satu fitur yang tersedia yakni discovery mode untuk mencari akomodasi privat tanpa perlu menuliskan tanggal menginap terlebih dahulu.

Ada juga chat mitra akomodasi untuk menanyakan fasilitas atau akses akomodasi sebelum memesan. Saat ini, ada 450 ribu mitra akomodasi privat di Traveloka.

Perusahaan juga menyediakan promosi Holiday Stays berupa diskon hingga Rp 500 ribu.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait