Transaksi Capai Rp152 Triliun, Berikut 8 Istilah Perdagangan NFT

Aset digital NFT diminati oleh klub sepak bola Barcelona hingga Marvel Entertainment. Transaksinya mencapai US$ 10,7 miliar atau sekitar Rp 152 triliun pada kuartal III.
Desy Setyowati
5 Desember 2021, 13:03
NFT, aset digital, kripto
Amartha
Ilustrasi NFT

Aset digital NFT atau Non-Fungible Token diminati oleh klub sepak bola Barcelona hingga Marvel Entertainment. Namun ada beberapa istilah yang perlu dipahami dalam bertransaksi NFT.

CNN melaporkan, NFT adalah aset digital yang menggambarkan objek asli seperti karya seni, musik, atau item yang terdapat pada video dan game. Aset digital ini tidak dapat digandakan atau diganti.

NFT mengubah karya seni digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya. Dengan begitu, karya ini bisa diverifikasi keasliannya dan dapat diperdagangkan melalui blockchain.

Data DappRadar menunjukkan, penjualan NFT mencapai US$ 10,7 miliar atau sekitar Rp 152 triliun pada kuartal III. Nilainya meningkat delapan kali lipat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Advertisement

NFT memang mulai diminati. Namun, ada beberapa istilah yang harus dipahami dalam bertransaksi aset digital ini, di antaranya:

1. DYOR

DYOR singkatan dari Do Your Own Research. “Ini artinya, kamu (calon investor) melakukan riset terlebih dahulu, supaya tidak mengalami kerugian besar saat bertransaksi NFT,” kata Finfolk Money melalui akun Instagram @finfolkmoney, Minggu (5/12).

2. Mint

Ini berarti kegiatan mengunggah karya seni digital NFT ke sistem blockchain.

3. WAGMI

Ini singkatan dari We All Gonna Make It. Ini artinya, perasaan senang yang ditunjukkan oleh seseorang ketika ada yang membeli seni digital NFT.

4. NGMI

Ini juga merupakan singkatan dari Not Gonna Make It. Artinya, perasaan kecewa atau menyesal saat mengambil keputusan yang kurang tepat.

5. Gas Fee

Biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna ketika melakukan transaksi atau saat membuat kontrak baru pada sistem blockchain. Satuan gas fee disebut Gwei.

6. OG

Ini merupakan singkatan dari Original Gangster. Ini artinya, orang yang lebih dulu berkecimpung di komunitas NFT dan memiliki banyak pengalaman, serta ilmu tentang dunia NFT.

7. Floor Price

Harga jual terendah suatu NFT pada marketplace dan bukan harga rata-rata suatu item. Floor price biasanya diperbarui otomatis secara real-time oleh sistem.

8. FOMO

Ini singkatan dari Fear of Missing Out. Artinya, perasaan cemas yang dimiliki oleh seseorang akibat tertinggal dalam hal tren.

Di dunia NFT, kolektor bisa saja terburu-buru saat membeli NFT, karena takut ketinggalan tren. “Ini dapat merugikan kolektor kalau tidak mengambil keputusan dengan matang,” kata Finfolk Money.

NFT sendiri diminati oleh klub sepak bola hingga produsen film Sony Pictures. Sony memberikan 86 ribu NFT kepada anggota Stubs Premiere, A-List dan Investor Connect yang membeli atau memesan tiket untuk pertunjukan Spider-Man: No Way Home pada 16 Desember.

“Tukarkan kode melalui situs web khusus dan Anda akan mendapatkan satu dari 100 desain yang tersedia melalui blockchain Wax yang lebih ramah lingkungan,” kata perusahaan dikutip dari Engadget, akhir bulan lalu (28/11).

Marvel Entertainment juga bekerja sama dengan Orbis Blockchain Technologies Limited untuk membuat NFT Spiderman.

FC Barcelona juga sempat berencana membuat NFT lewat kerja sama dengan perusahaan di bidang kripto, Ownix. NFT yang akan dibuat seputar momen fotografi ikonis untuk para penggemar, yang mencakup 122 tahun sejarah klub sepak bola.

“Penggemar akan memperoleh dan memiliki aset digital yang akan mereproduksi momen Blaugrana yang tak terlupakan melalui lelang NFT,” demikian dikutip dari Beincrypto, bulan lalu (20/11).

Namun klub sepak bola Barcelona mengakhiri hubungan dengan perusahaan kripto Ownix. Ini menyusul penangkapan seorang pengusaha bernama Moshe Hogeg terkait penipuan cryptocurrency.

Penasihat hukum Hogeg membantah tuduhan ini. Sedangkan Hogeg merupakan pemilik tim Israel Beitar Jerusalem. Ia juga dikaitkan dengan Ownix.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengungkapkan rencana menggunakan NFT. Ia membuat akun NFT di OpenSea untuk kemudian menjadi bursa bagi karya digital pelaku ekonomi kreatif untuk mendapatkan penawaran dari pasar global.

Cara Membeli NFT

CNN melaporkan, pada dasarnya, setiap gambar digital dapat dibeli sebagai NFT. Tetapi, calon kolektor harus memutuskan tiga hal, yakni:

  1. Pasar mana yang dipilih untuk membeli NFT
  2. Jenis dompet digital apa yang diperlukan untuk menyimpan
  3. Jenis mata uang kripto apa yang diperlukan untuk menyelesaikan penjualan

Beberapa pasar NFT yang paling umum yakni OpenSea, Mintable, Nifty Gateway, dan Rarible. Ada juga pasar khusus untuk jenis NFT yang lebih spesifik, seperti NBA Top Shot untuk sorotan video bola basket atau Valuables untuk melelang tweet seperti pendiri Twitter Jack Dorsey.

Tapi berhati-hatilah dengan biaya. Beberapa pasar mengenakan gas fee untuk menyelesaikan transaksi di blockchain.

Biaya lain dapat mencakup untuk mengubah dolar menjadi ethereum atau aset kripto lainnya, serta anggaran penutupan.

Cara Menjual NFT

NFT juga dijual di pasar. Prosesnya dapat bervariasi dari satu platform ke platform lainnya.

Pelaku ekonomi kreatif pada dasarnya akan mengunggah konten ke pasar kemudian mengikuti petunjuk untuk mengubahnya menjadi NFT.

Bisa juga memasukkan hal-hal spesifik seperti deskripsi pekerjaan dan harga yang disarankan.

Sebagian besar NFT dibeli menggunakan ethereum tetapi juga dapat dibeli dengan token ERC-20 lainnya seperti WAX dan Flow.

Cara Membuat NFT

Siapa pun dapat membuat NFT. Yang diperlukan hanyalah dompet digital, pembelian kecil ethereum, dan koneksi ke pasar NFT untuk mengunggah dan mengubah konten menjadi NFT atau seni kripto.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait