Gojek Pakai Robot untuk Pesan-Antar Makanan GoFood

Gojek menguji coba robot GoFood di Jakarta hingga pertengahan Maret. Perangkat ini menangani pemesanan lewat fitur Order Sekaligus.
Image title
Oleh Antara
21 Januari 2022, 13:31
Robot, gojek, GoFood
Antara
Robot GoFood

Gojek mengadopsi teknologi otomasi pada layanan pesan-antar makanan GoFood di Indonesia. Decacorn ini memperkenalkan penggunaan robot.

Robot itu bertujuan mempermudah proses layanan pada fitur ‘Order Sekaligus’. Fitur ini memungkinkan pelanggan memesan makanan dan minuman dari banyak restoran sekaligus di satu lokasi, melalui satu pengiriman.

Pengadopsian teknologi itu masuk fase uji coba guna memastikan efisiensi operasional dan kenyamanan bagi mitra pengemudi.

"GoFood membawa layanan pesan-antar makanan di Indonesia menuju ke level berikutnya melalui penggunaan teknologi otomasi, yaitu robot," kata Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo, dikutip dari Antara, Rabu (19/1).

Advertisement

Ia menyampaikan, Gojek secara konsisten mencari cara dengan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan layanan dan solusi. Pemanfaatan teknologi robot ini dinilai akan berperan penting dalam menganalisis bagaimana sistem otomasi membuat operasional GoFood lebih efisien dan seamless.

Itu termasuk mempermudah mitra driver, karena dapat mengambil pesanan secara terpusat ketika menerima order pelanggan yang memilih fitur Order Sekaligus," kata dia. “Inovasi selalu menjadi denyut nadi kami di Gojek.”

Saat ini, robot GoFood dioperasikan di area Food Temptation Mall Kelapa Gading, Jakarta. Perangkat ini bertugas mengonsolidasi pesanan pelanggan yang memilih fitur GoFood Order Sekaligus.

Robot akan mengambil pesanan dari beberapa restoran atau mitra UMKM sesuai pesanan pelanggan. Selanjutnya menyerahkan order ke konter kasir sebagai titik pengumpulan untuk kemudian diambil oleh mitra pengemudi pengantaran.

Fitur Order Sekaligus sudah bisa dimanfaatkan di 41 lokasi di tujuh kota besar, termasuk Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Cakupannya meningkat delapan kali lipat sejak diperkenalkan pada September 2020.

Pengadopsian teknologi robot itu merupakan kerja sama dengan Pudu Robotics melalui PT Pudu Robot Indonesia. Uji coba dilakukan hingga pertengahan Maret.

“Kami menyadari bahwa seluruh proses menjadi hal penting dalam memberikan pengalaman menyenangkan bagi pelanggan, mitra UMKM, serta pengemudi. Robot ini diharapkan dapat terus mendukung operasional menjadi lebih sederhana,” ujar Catherine.

Presiden Direktur PT Pudu Robot Indonesia Calvin Lukmantara menambahkan, robot GoFood adalah tipe Bellabot. “Ini merupakan salah satu produk unggulan kami dengan sejumlah kelebihan,” ujar dia.

Kelebihan yang dimaksud yakni sensor 3D dan kerangka modular, sehingga aman apabila terhalang objek, Selain itu, pengoperasian robot dengan multi-cara seperti deteksi suara dan interaksi sentuhan.

Kemudian, ada navigasi akurat dari titik satu ke titik lainnya, sesuai dengan area operasi. “Kami tidak sabar melihat apa yang dapat GoFood capai melalui penggunaan BellaBot, di salah satu fiturnya," kata dia.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait