Sirclo Akuisisi Startup Warung Pintar, Bidik Warung hingga Brand

Fahmi Ahmad Burhan
26 Januari 2022, 15:11
startup, warung pintar, akuisisi, sirclo
Sirclo
CEO Warung Pintar Agung Bezharie dan CEO Sirclo Group Brian Marshal

Perusahaan e-commerce enabler Sirclo mengakuisisi Warung Pintar. Kedua startup ini bakal memperkuat posisi dalam bisnis solusi omnichannel bagi merek (brand), distributor, pelaku usaha hingga konsumen akhir.

CEO Sirclo Group Brian Marshal menyampaikan, perusahaan bergerak di model business to business (B2B) selama lebih dari delapan tahun. “Kami menyadari bahwa ekosistem ritel tidak luput dari peran warung dan toko kelontong sebagai salah satu opsi pemenuhan kebutuhan harian masyarakat Indonesia,” kata dia dalam keterangan pers, Rabu (26/1).

Apalagi, brand perlu memastikan ketersediaan produk, efisiensi alur distribusi, kemudahan akses untuk menjangkau mitra hingga konsumen akhir. “Ini mendorong kami untuk berfokus pada model business-to-business-to-consumer (B2B2C) dengan menggandeng Warung Pintar,” ujar dia.

Rincian ekosistem gabungan kedua startup itu sebagai berikut:

  • Lebih dari 150 ribu brands telah dilayani secara akumulatif
  • Lebih dari 500 ribu pemilik warung atau toko kelontong
  • Jangkauan terhadap lebih dari 25 juta konsumen akhir
  • Lebih dari 80 titik distribusi tersebar di seluruh Indonesia

Brian menambahkan, langkah strategis itu merupakan wujud komitmen Sirclo untuk memperluas layanan enabler dan mengakomodasi lebih banyak pelaku usaha dengan skala yang lebih luas agar dapat merambah pasar online.

Co-Founder sekaligus CEO Warung Pintar Agung Bezharie menambahkan, akuisisi oleh Sirclo akan menambah strategic value untuk mengakselerasi perkembangan produk dan layanan.

“Ke depan, kami ingin membuka lebih banyak kesempatan dan membawa transparansi serta efisiensi yang lebih baik bagi setiap pelaku UMKM. Maka, warung dapat pulih dari dampak pandemi dan tumbuh bersama,” ujar Agung.

Menurutnya, sinergi itu juga dapat mengakomodasi brand untuk meningkatkan visibilitas ke warung sebagai kanal distribusi terbesar di Indonesia. Dengan begitu, principal atau brand mampu menjangkau lebih banyak konsumen akhir.

Ia juga yakin bahwa akuisisi itu menandai peluang besar bagi kedua entitas untuk memberikan dampak lebih luas bagi ekosistem ritel.

Dengan akuisisi itu, akan ada tiga kategorisasi utama pada pilar solusi dari Sirclo Group, yaitu:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...