Strategi Startup Kuliner Haus! Bidik Potensi Pasar Rp 719 Miliar

Fahmi Ahmad Burhan
17 Februari 2022, 12:01
startup, kuliner, startup kuliner, haus!
Haus.Indonesia / Instagram
Perusahaan minuman kekinian Haus! Indonesia memaparkan rencana ekspansi usai mendapat pendanaan dari BRI Venture Capital.

Startup kuliner Haus! membidik konsumen kelas menengah dengan nilai pasar diperkirakan US$ 50 juta atau sekitar Rp 719 miliar. Perusahaan rintisan ini pun membuat produk pendamping minuman.

“Kami melihat peluang yang begitu besar di segmen kalangan aspiring middle class dan middle class ini,” kata Co-Founder sekaligus CEO Haus! Gufron Syarif dalam keterangan pers, Rabu (16/2).

Berdasarkan laporan Bank Dunia, masyarakat kelas menengah (middle-class) menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jumlahnya bertambah secara konsisten 12% setiap tahun sejak 2002.

Dalam kurun waktu 20 tahun, sekitar 115 juta masyarakat Indonesia yang tadinya tergolong miskin, kini memasuki kategori kelas menengah.

Gufron menilai, penting bagi jenama (brand) seperti Haus! untuk tetap relevan dengan target pasar. Oleh karena itu, Haus! membidik pasar tersebut.

Salah satu strategi yang dilakukan yakni membuat produk pendamping minuman Pedes Cyin, Ganjel Roti dan Es Krim. “Lewat inovasi yang akan terus kami hadirkan tahun ini, kami optimistis untuk terus bersaing dan mencapai target bisnis,” ujar Gufron.

Startup kuliner itu juga berencana menambah sekitar 338 gerai baru tahun ini.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...