Shopee Eror di Indonesia, Malaysia hingga Brasil

Aplikasi Shopee mengalami gangguan di Indonesia, Malaysia hingga Filipina. Apa penyebabnya?
Image title
22 Maret 2022, 14:17
e-commerce, shopee error, shopee eror, Shopee
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Aplikasi Shopee mengalami gangguan di Indonesia, Malaysia hingga Brasil. Namun, platform e-commerce ini belum memerinci penyebab eror.

Melalui akun resmi di Twitter, Shopee menyampaikan bahwa beberapa layanan mengalami gangguan. Perusahaan asal Singapura itu memohon maaf atas kejadian ini.

“Shopee mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Namun tidak perlu khawatir, transaksi yang telah dilakukan pelanggan dan mitra akan dapat segera dilakukan kembali,” kata Shopee melalui Twitter, Selasa (22/3).

Katadata.co.id pun mengonfirmasi kepada Shopee mengenai penyebab dan penanganan gangguan tersebut. Namun belum ada tanggapan hingga berita ini dirilis.

Di Twitter, cuitan dengan kata kunci Shopee mencapai lebih dari 130 ribu.

Berdasarkan situs updownradar, keluhan terkait platform Shopee terjadi sejak sekitar Pukul 11 WIB.

Selain di Indonesia, Shopee di Malaysia, Thailand, dan Filipina menyampaikan hal serupa. “Keluhan juga terjadi di Sao Paulo, Brasil,” demikian dikutip dari updownradar.

Berikut ini tanggapan Shopee di Filipina dan Malaysia:

 

 

 

Sepanjang tahun lalu, pesanan kotor Shopee 6,1 miliar atau naik 116,5%. Nilai transaksi bruto atau GMV meningkat 76,8% menjadi US$ 62,5 miliar atau Rp 900,8 triliun.

Shopee memperkirakan bisa meraup pendapatan US$ 8,9 miliar – US$ 9,1 miliar (Rp 128,3 triliun – Rp 131,1 triliun) tahun ini. Pada 2021, e-commerce ini meraih US$ 5,1 miliar.

“Peningkatannya 75,7% secara tahunan (year on year/yoy) dibandingkan 2021,” kata perusahaan dalam keterangan resmi, tiga pekan lalu (1/3). Ini artinya, pertumbuhan pendapatan Shopee melambat dibandingkan 2021 136,4%.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait