Penggunaan Internet Telkomsel dan XL Melonjak saat Lebaran

Image title
11 Mei 2022, 16:49
telkomsel, xl, xl axiata, internet, ramadan, lebaran, gim, game
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz
Guru melakukan Pembelajaran Jarak Jauh secara daring dengan siswanya di SDN Polisi 1, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/7/2020).

Operator seluler Telkomsel dan XL Axiata mencatatkan peningkatan traffic internet selama ramadan dan libur lebaran tahun ini. Paling banyak digunakan untuk media sosial dan bermain gim.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, perusahaan mencatatkan pertumbuhan akses layanan data hingga 21% selama ramadan dan lebaran tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

"Antusiasme terlihat dari melonjaknya aktivitas digital pelanggan yang turut mendorong peningkatan trafik layanan data sebagai penunjang konektivitas digital yang prima," kata Hendri dalam siaran pers, Rabu (11/5).

Telkomsel mencatat, akses layanan digital tumbuh 30% dari hari biasa dan 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meningkatnya akses layanan digital sesuai dengan fokus utama perusahaan memberikan layanan digital hiburan yang prima. Platform Dunia Games Telkomsel mencatatkan peningkatan transaksi tertinggi sepanjang tahun ini yakni 109%.

Kemudian, layanan video melalui fitur layanan platform MAXstream add-on dan premium bundling mencatatkan pertumbuhan transaksi 130% dibandingkan bulan sebelum ramadan.

Selain itu, selama ramadan dan lebaran Telkomsel mencatatkan peningkatan transaksi pembelian paket layanan data melalui platform MyTelkomsel hingga 99%.

Telkomsel pun mengamankan akses jaringan broad band di 500 Point of Interest (POI) untuk mengantisipasi peningkatan traffic. Ini termasuk 56 titik transit transportasi mudik dan 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia.

Selain Telkomsel, XL mencatatkan kenaikan traffic layanan data secara nasional 33% yoy pada lebaran tahun ini. Traffic juga meningkat 11% dibandingkan hari-hari biasa.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, lonjakan tersebut tidak terlepas dari diperbolehkannya masyarakat untuk mudik dan berlibur.

"Setelah dua kali lebaran masyarakat kebanyakan tidak bisa mudik ke kampung halaman, lebaran tahun ini dipenuhi suasana euforia masyarakat di berbagai daerah," katanya.

Gede mengatakan, traffic layanan data secara nasional didominasi oleh streaming yang meningkat 52% selama ramadan dan lebaran. Kemudian, social network naik 42%.

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan traffic pemakaian yang signifikan. Layanan berbasis game misalnya, naik rata-rata 66%, Netflix 16%, YouTube 40%, TikTok 76%, Spotify 21%, dan Vidio relatif stabil.

Untuk layanan Instant Messenger, secara nasional traffic pemakaian layanan WhatsApp meningkat 38%. Sedangkan transaksi layanan social network seperti Twitter naik 29%, serta gabungan Instagram dan Facebook 38%.

Layanan lainnya juga mengalami kenaikan traffic antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 23%. Kemudian, web browsing naik 36%.

Pengguna juga banyak memanfaatkan layanan peta atau petunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze. Penggunaan internet untuk aplikasi peta naik sekitar 48% dibanding hari normal.

Dalam mengantisipasi lonjakan, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat dibandingkan hari normal. Perusahaan juga mengerahkan mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait