Menteri Kominfo Sebut Gojek, Traveloka hingga Telkom ‘Pahlawan Marvel’

Menteri Kominfo Johnny Plate mengatakan, perusahaan digital seperti pahlawan dalam serial Marvel. Alasannya, mereka memudahkan kehidupan masyarakat menggunakan teknologi.
Cindy Mutia Annur
29 Agustus 2022, 13:03
kominfo, marvel, startup, telkom, gojek
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate membuka Industri Task Force pada pertemuan keempat Digital Economy Working Grop (4th DEWG) Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8/2022).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menilai, startup seperti Gojek dan Traveloka di era sekarang ini seperti pahlawan dalam serial Marvel. Sebab, mereka membuat solusi berbasis teknologi yang memudahkan kehidupan masyarakat.

“Kehadiran sektor swasta di era digital seperti bintang ‘Marvel Universe’,” ujar Johnny dalam pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG)   keempat di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8).

“Bagaimana mereka (startup digital) membekali para pahlawan super dengan keunggulan teknologi untuk bertarung melawan penjahat yang secara inheren lebih kuat dari para pahlawan,” tambah dia.

Ia mencontohkan Halodoc. Startup ini membantu masyarakat memperoleh layanan kesehatan, termasuk saat pandemi Covid-19.

Advertisement

Selain itu, teknologi seperti mobil tanpa pengemudi, metaverse, robot hingga kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) membuat masyarakat seperti hidup dalam cerita fiksi ilmiah.

Pemerintah pun menggelar pertemuan kerja industri alias industry task force (ITF) di sela-sela DEWG untuk membahas berbagai inovasi baru di kehidupan masyarakat. Hal yang dibahas termasuk ragam aktivitas futuristik yang menawarkan pengalaman mendalam.

Kominfo pun mengundang 12 perusahaan teknologi dalam acara ITF tersebut. Mereka di anataranya Traveloka, Itemku, GoTo, Gatebox Metaverse, Kartu Prakerja, Bukalapak, Halodoc, Telkom Indonesia, Gudangada, Amazon Web Services (AWS), Telkomsel, dan PeduliLindungi.

“Mereka mewakili sektor digital yang menjadi mercusuar berpendar di Indonesia,” ujar Johnny.

Dalam pertemuan DEWG tersebut para delegasi akan melanjutkan pembahasan rancangan deklarasi Menteri Bidang Digital G20 yang disebut sebagai “The Bali Package".

Setelahnya, mengkaji rancangan  deklarasi "Bali Package" untuk difinalisasi oleh para Menteri bidang digital G20 dalam G20 Digital Economy Ministers Meeting (DEMM) pada 1 September.

Sebelumnya, DEWG menyelesaikan tiga pertemuan dan beberapa pertemuan intersesi yang membahas tiga isu prioritas DEWG.

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait