Berulang Kali Ditunda, Kominfo Jamin TV Analog se-RI Mati 2 Pekan Lagi

Migrasi dari TV analog ke TV digital mengalami beberapa kali penundaan sejak tahun lalu. Berikut cara Kominfo memastikan TV analog se-Indonesia betul-betul mati pada 2 November.
Lenny Septiani
18 Oktober 2022, 15:54
tv analog, tv digital, kominfo
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.
Dua murid sekolah dasar mengikuti proses belajar di rumah melalui siaran televisi akibat pandemi COVID-19 di Perum Widya Asri, di Serang, Banten, Selasa (14/4/2020).

Proses migrasi dari TV analog ke TV digital beberapa kali ditunda. Namun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan bahwa TV analog se-Indonesia akan dimatikan pada 2 November.

"Pada 2 November nanti (TV analog mati semua)," kata Johnny di Kantor Kominfo, Selasa (18/10). Tenggat waktu ini diatur dalam Undang-undang (UU) Cipta Kerja.

Awalnya, Kominfo berencana menggelar migrasi dari TV analog ke TV digital alias ASO tahun lalu. Rencana itu diundur menjadi tahun ini.

Pelaksanaan ASO tahun ini pun rencananya digelar dalam tiga tahap, yakni 31 April, 25 Agustus, dan 2 November.

Advertisement

Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) seharusnya masuk tahap II yakni 25 Agustus. Namun, Kominfo memutuskan bahwa migrasi dari TV analog ke TV digital bukan berdasarkan waktu, melainkan kesiapan wilayah.

Alhasil, Jabodetabek dijadwalkan migrasi dari TV analog ke TV digital awal Oktober (5/10). Namun lagi-lagi, rencana ini ditunda. Kali ini, karena permintaan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI).

Meski begitu, Johnny memastikan bahwa pelaksanaan ASO digelar serentak di Indonesia pada 2 November. Ia pun menyampaikan bahwa ATVSI tengah gencar melakukan sosialisasi.

Saat ini, migrasi dari TV analog ke TV digital sudah berlangsung di 18 wilayah yang mencakup 40 kabupaten/kota. Tersisa 94 wilayah yang belum menggelar ASO.

"Sebagian lainnya termasuk Jabodetabek akan dilakukan pada 2 November," kata Johnny.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail menyampaikan bahwa instansinya mengupayakan migrasi dari TV analog ke TV digital digelar seluruhnya sesuai target yakni 2 November.

“Tentu kami akan menjawab tantangan semaksimal mungkin supaya (migrasi dari TV analog ke TV digital) bisa sesuai target 2 November,” kata Ismail saat konferensi pers di kantor Kominfo, yang dikutip dari tayangan virtual, pada awal Oktober (5/10).

Ia juga menyampaikan bahwa ATVSI berjanji akan melaksanakan ASO pada 2 November.  "Dalam waktu singkat ini kami akan bekerja semaksimal mungkin," katanya.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait