Microsoft Luncurkan Aplikasi Rapat Online Premium Didukung ChatGPT

Lenny Septiani
2 Februari 2023, 15:13
Microsoft, ChatGPT
Microsoft
Microsoft Teams Premium berbasis ChatGPT

Microsoft Corp meluncurkan layanan rapat online Teams Premium yang didukung oleh ChatGPT. Chatbot berbasis kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) bisa membuat catatan rapat otomatis, merekomendasikan tugas, dan membuat template rapat untuk pengguna.

“Teams Premium menghadirkan teknologi terbaru, termasuk Large Language Models yang didukung oleh GPT-3.5 OpenAI,” kata Microsoft dalam laman resmi, Rabu (1/2).

Microsoft menambahkan lebih dari 400 fitur dan meningkatkan aplikasi tahun lalu. Raksasa teknologi ini akan menambah fitur lainnya tahun ini.

“Semua pengguna Teams dapat mengandalkan inovasi berkelanjutan untuk memperdalam koneksi dan mendorong kolaborasi,” kata perusahaan.

Microsoft mengatakan banyak organisasi tidak hanya membayar untuk solusi rapat, tetapi juga membeli produk tambahan yang mahal untuk webinar, janji temu virtual, intelijen rapat, dan lainnya. 

Oleh karena itu, Microsoft meluncurkan Teams Premium yang didukung ChatGPT. Biaya berlangganan US$ 10 per pengguna per bulan.

“Cobalah gratis selama 30 hari,” kata Microsoft.

Pelanggan akan mendapat diskon 30% menjadi US$ 7 per bulan pada Juni. Kemudian kembali ke harga normal yaitu US$ 10 per pengguna per bulan.

Microsoft mengumumkan investasi multi-miliar dolar di OpenAI, bulan lalu. Microsoft berencana menambahkan teknologi ChatGPT ke semua produk.

“Kami membentuk kemitraan dengan OpenAI berdasarkan ambisi bersama untuk secara bertanggung jawab memajukan penelitian AI mutakhir dan mendemokratisasi AI sebagai platform teknologi baru,” kata CEO Microsoft Satya Nadella dalam unggahan di blog resmi Microsoft, pekan lalu (23/1). 

Microsoft tak memberitahu besaran investasi tersebut. Namun buletin Semafor melaporkan pada awal Januari, Microsoft dalam pembicaraan untuk berinvestasi US$ 10 miliar atau sekitar Rp 155,4 triliun.

Microsoft berinvestasi ke pembuat ChatGPT yakni OpenAI pada 2019 dan 2021.

Sejak 2016, Microsoft berencana membangun Azure menjadi superkomputer AI untuk dunia. Fungsinya sebagai dasar dari visi perusahaan untuk mendemokratisasi AI sebagai platform. 

Melalui investasi awal dan kolaborasi itu, Microsoft dan OpenAI mendorong batas teknologi superkomputer cloud pada 2020. Kemudian membangun beberapa sistem superkomputer AI dalam skala besar.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait