Perbandingan Kinerja Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak Kuartal I

Lenny Septiani
17 Mei 2023, 12:52
Bukalapak, Blibli, Tokopedia, Shopee
Katadata/Desy Setyowati
Bukalapak, Blibli, TikTok, Tokopedia, Shopee

Induk Shopee yakni Sea Ltd, GoTo Gojek Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli telah mengumumkan laporan keuangan kuartal I 2023. Bagaimana perbandingan kinerja keempat e-commerce ini?

Shopee mencatatkan pertumbuhan pendapatan 36,3% secara tahunan atau year on year (yoy). "Kuartal pertama 2023 merupakan kuartal yang kuat bagi kami," kata Chairman sekaligus Kepala Eksekutif Grup Sea Forrest Li dalam keterangan pers, Selasa (16/5). 

Rincian kinerja Shopee selama Januari – Maret sebagai berikut:

  • Pendapatan layanan bernilai tambah, terutama terdiri dari pendapatan yang terkait dengan layanan logistik, naik 32,6% yoy menjadi US$ 700 juta
  • Pendapatan pasar inti, terutama terdiri dari biaya berbasis transaksi dan pendapatan iklan, naik 54,3% yoy menjadi US$ 1,2 miliar
  • Pendapatan GAAP naik 36,3% yoy menjadi US$ 2,1 miliar
  • Laba perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi atau EBITDA yang disesuaikan naik dari negatif US$ 742,8 juta pada kuartal I 2022 menjadi US$ 207,7 juta. Ini terdiri dari:
  1. Pasar Asia naik dari negatif US$ 408 juta pada kuartal I 2022 menjadi US$ 275,8 juta
  2. Pasar lain membaik dari negatif US$ 334,9 pada kuartal I 2022 menjadi US$ 68,1 juta. Kerugian margin kontribusi per pesanan di Brasil meningkat 77,4% yoy menjadi US$ 0,34.
  • Dana untuk insentif penjualan dan pemasaran US$ 338 juta atau sekitar Rp 5 triliun atau turun 51,7% yoy

Namun Shopee tidak memerinci nilai transaksi atau gross merchandise value (GMV).

Sementara itu, Global Digital Niaga atau Blibli mencatat kerugian bersih turun 17,8% menjadi Rp 878 miliar. Kinerja Blibli selama Kuartal I sebagai berikut:

  • Pendapatan naik 20,88% menjadi Rp 3,82 triliun
  • Total Processing Value (TPV) naik 78% menjadi Rp 17.915 miliar
  • Kenaikan Average Order Value (AOV) naik 95% menjadi Rp 1.643.425
  • Jumlah pengguna yang bertransaksi minimal sekali 1,9 juta pengguna, naik dari kuartal I 2022 1,6 juta pengguna

Sedangkan pendapatan Tokopedia naik 21%. Rincian kinerja e-commerce bernuansa hijau ini di antaranya:

  • Pendapatan bruto naik 21% menjadi Rp 2,26 triliun
  • GTV naik 3,6% menjadi Rp 62,8 triliun
  • EBITDA yang disesuaikan naik 75% atau -0,8% sebagai persentase GTV E-commerce.

“Ke depan, Perseroan akan meningkatkan penetrasi GoPayLater di platform Tokopedia untuk menghadirkan pembayaran yang lebih fleksibel melalui strategi pemasaran yang tepat sasaran,” kata manajemen GoTo Gojek Tokopedia dalam keterangan pers, Kamis (27/4).

Sementara itu, kinerja e-commerce Bukalapak yakni:

  • Pendapatan naik 28% menjadi Rp 1 triliun
  • TPV keseluruhan naik 19% menjadi Rp 40,45 triliun
  • TPV Mitra naik 9% menjadi Rp 18,7 triliun
  • Pendapatan Mitra Bukalapak naik 9% menjadi Rp 515 miliar

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...