Transaksi TikTok Shop Diramal Rp 230 Triliun, Pesaing Ketat Tokopedia

Desy Setyowati
22 Agustus 2023, 13:14
Tokopedia, tiktok, lazada, shopee
Unsplash
TikTok

Transaksi bruto atau Gross Merchandise Value (GMV) TikTok Shop diperkirakan melonjak menjadi US$ 15 miliar atau sekitar Rp 230 triliun tahun ini. Social commerce asal Cina ini dikabarkan menggelontorkan insentif seperti untuk diskon, US$ 600 juta – US$ 800 juta (Rp 9 triliun - Rp 12 triliun) per tahun.

Rincian perkiraan transaksi TikTok Shop per tahun menurut laporan Momentum Works sebagai berikut:

  • 2021 US$ 600 juta
  • 2022 US$ 4,4 miliar
  • 2023 US$ 15 miliar atau sekitar Rp 230 triliun

“Ini akan menempatkan TikTok Shop di liga yang sama dengan pemain mapan Lazada dan Tokopedia,” kata Momentum Works dalam keterangan pers, Senin (21/8).

Sebelumnya, beberapa sumber Bloomberg mengatakan bahwa TikTok Shop menargetkan transaksi US$ 20 miliar atau sekitar US$ 20 miliar atau sekitar Rp 298 triliun tahun ini. Perusahaan asal Cina ini mengandalkan pertumbuhan bisnis di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

TikTok Shop hadir di sembilan negara, termasuk semua pasar utama di Asia Tenggara, Inggris, Arab Saudi, dan Amerika Serikat. “Meskipun ada banyak masalah operasional dan organisasi dengan pertumbuhan yang cepat, kepemimpinan tampaknya bertekad untuk mengejar e-commerce,” ujar Momentum Works.

Sebagai perbandingan, berikut rincian transaksi Shopee, Lazada, Tokopedia dan e-commerce lain per Semester I :

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...