Pemerintah Ajak Masyarakat Terjangkit Segera Lapor Untuk Tekan Covid19

Dicky Christanto W.D
Oleh Dicky Christanto W.D - Tim Publikasi Katadata
31 Juli 2021, 10:46
PEN #16
KC PEN

Jakarta – Pemerintah terus melaksanakan berbagai upaya komprehensif untuk menghadang penyebaran virus Covid-19, meningkatkan kesembuhan pasien, serta menekan angka kematian. Data menunjukkan bahwa penyebab kematian tertinggi adalah keterlambatan pasien Covid-19 untuk bisa mendapatkan perawatan di rumah sakit. Oleh sebab itu, pemerintah lantas menjalankan sejumlah antisipasi dari hulu ke hilir.

 “Keterlambatan penanganan menjadi pemicu tingginya angka kematian Covid-19. Sebabnya bisa banyak hal, baik dari kesadaran individu pasien, kurangnya pemahaman, kesiapan faskes, dan sebagainya,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Oleh sebab itu, Johnny melanjutkan, pemerintah akan terus berupaya agar setiap pasien mendapatkan perawatan terbaik. Disisi yang lain, pemerintah juga memerlukan kerja sama dari masyarakat dalam optimalisasi tindak pencegahan.

 “Masyarakat yang terjangkit Covid-19 tidak perlu ragu untuk melaporkan kepada petugas. Laporan langsung akan mempercepat petugas dalam mengambil tindakan,” tambah Johnny.

Dengan melapor kepada petugas setempat, Puskesmas atau bidan desa, pasien yang tengah melakukan isolasi mandiri akan mendapatkan arahan apa yang harus dilakukan, serta terutama, dipantau kesehatannya. Pasien juga akan mendapatkan paket obat dan vitamin yang sangat diperlukan untuk menunjang kesembuhan.

Saat ini pemerintah juga membagikan 2 juta paket obat isolasi mandiri gratis kepada masyarakat secara bertahap, serta menyediakan layanan telemedicine bagi pasien tanpa gejala atau gejala ringan yang melakukan isolasi mandiri. Adapun cara untuk mendapatkan fasilitas tersebut, pasien dapat melakukan tes PCR di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Bila pasien terdeteksi positif, maka petugas akan memberikan informasi terkait cara mendapatkan obat dan link untuk konsultasi kesehatan secara online.

 “Masyarakat kami harapkan bersikap proaktif menggunakan berbagai layanan yang telah ada, agar dapat memperoleh penanganan yang maksimal,” tegasnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...