Traveloka Proyeksikan Transaksi Naik 100% Saat Ramadan

Desy Setyowati
31 Mei 2018, 07:00
Bandara Soekarno Hatta
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Petugas memeriksa tiket di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Senin (19/6).

Perusahaan agen tiket online Traveloka memproyeksikan penjualan seluruh produk bisa meningkat dua kali lipat selama Ramadan. Hanya, Chief Marketing Officer (CMO) Traveloka Dannis Muhammad enggan menyebutkan nilainya.

"Kalau dilihat dari progres yang ada, sejauh ini kami proyeksikan naik sekitar 100% dibanding bulan sebelumnya," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Rabu (30/5).

Secara khusus, ia juga memprediksi arus perjalanan pada musim mudik tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Sebab, setelah ditambah cuti bersama, masa libur lebaran tahun ini lebih panjang.

Tahun lalu, Dannis menyebut, masa libur sekolah datang lebih dulu dibanding Hari Raya Idul Fitri. Alhasil, puncak pembelian tiket transportasi terbagi menjadi dua sesi. Sementara, tahun ini masa liburan sekolah dan pegawai kantoran beririsan, sehingga semestinya minat mudik meningkat daripada 2017.

(Baca juga: Mudik Lebaran, Garuda Tawarkan Penerbangan Murah)

Salah satu produk yang naik signifikan, kata dia, adalah pemesanan hotel atau akomodasi. "Bukan hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri," kata Dannis. Setelah itu, penjualan tiket transportasi seperti pesawat, kereta api, dan bus juga meningkat.

Adapun Traveloka baru saja merilis dua fitur baru yakni reservasi restoran dan penyewaan mobil. Fitur kuliner Traveloka menyajikan daftar restoran di sekitar daerah destinasi wisata di tujuh kota yakni Bali, Yogyakarta, Medan, Jakarta, Tangerang, Solo, dan Bandung.

Sementara untuk rental mobil, Traveloka sudah bermitra dengan beberapa perusahaan rental dengan total armada sebanyak 500 unit kendaraan. "Rental mobil bukan hanya untuk yang mudik lebaran, tapi juga untuk perjalanan liburan secara umum," ujar Manajer Humas Traveloka Busyra Oryza. Di Bali, misalnya, konsumen menyewa kendaraan untuk keperluan bepergian keliling pulau.

(Baca juga: Penjualan Tiket.com Melonjak Saat Ramadan)

Tak hanya Traveloka, Tiket.com juga kebanjiran pesanan hotel dan sewa mobil pada Ramadan tahun ini. Chief Marketing Officer (CMO) & Co-Founder Tiket.com Gaery Undarsa mencatat, pemesanan hotel naik sekitar 400% dan sewa mobil 300% dibanding musim mudik tahun lalu.

Menurutnya, kenaikan seperti ini lumrah terjadi saat Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. "Masyarakat sudah terbiasa membeli keperluan mudik di satu platform aplikasi, mulai dari transportasi hingga akomodasi,” ujarnya, Selasa (22/5) lalu.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...