E-commerce Gencar Gaet Artis Korea Jelang Festival Belanja 9.9 – 12.12

Fahmi Ahmad Burhan
23 Agustus 2021, 12:33
shopee, tokopedia, lazada, e-commerce, lee min ho
Instagram @lazada_id dan @bliblidotcom
Brand ambassador LazMall Hyun Bin dan dari Blibli, Park Seo Joon

Setelah Shopee dan Tokopedia, e-commerce seperti Lazada dan Blibli menggaet artis Korea Selatan jelang festival belanja 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12. Analis menilai bahwa strategi menggaet influencer bisa mendongkrak transaksi, terutama menjelang pesta diskon akhir tahun.

Lazada menggaet Lee Min Ho sebagai brand ambassador dalam rangka 11.11 tahun lalu. Kini, e-commerce asal Singapura itu menggaet Kim Tae-pyung atau yang dikenal dengan Hyun Bin sebagai duta merek LazMall.

Advertisement

Sedangkan Blibli menggaet pemeran utama Itaewon Class, Park Seo Joon. Lalu Tokopedia tetap menggaet boyband asal Korea Selatan, BTS.

Peneliti bisnis dan pemasaran dari Universitas Prasetiya Mulya Agus Soehadi mengatakan, strategi menggaet influencer bertujuan meningkatkan minat dan kepercayaan konsumen terhadap brand. "Setiap endorser atau influencer memiliki fan yang loyal dan fanatik, seperti artis Korea Selatan. Mereka tentu berusaha mengikuti apa yang disukai atau direkomendasikan oleh idola," ujar Agus kepada Katadata.co.id, Senin (23/8).

Dengan meningkatnya minat dan kepercayaan konsumen, maka transaksi terutama saat festival belanja bisa ikut terdongkrak. "Ada dampaknya terhadap penjualan," ujar Agus.

Kenaikan transaksi setelah menggaet artis Korea sempat dialami oleh Shopee. E-commerce asal Singapura ini menggandeng Blackpink dalam rangka hari belanja online nasional (harbolnas) 12.12 di Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Indonesia pada 2018.

Saat itu, Shopee mencatatkan rekor 12 juta lebih transaksi di tujuh negara. Sebanyak 5,4 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Lebih dari 48 juta pengguna mengunjungi platform Shopee. Selain itu, gim goyang Shopee dimainkan 46 juta kali

Dalam waktu tiga bulan, Shopee menyalip Lazada dari sisi jumlah kunjungan terbanyak per bulan ke platform di regional pada awal 2019. Padahal Lazada masih memimpin pada akhir 2018, berdasarkan data iPrice.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement