Daftar Produk Paling Laris di Tokopedia saat Ramadan

Lenny Septiani
23 Februari 2023, 17:39
Tokopedia, ramadan
Tokopedia
Tokopedia

Tokopedia mengungkapkan daftar produk paling laris selama Ramadan. Laporan The Trade Desk pun menunjukkan 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana berbelanja saat Ramadan tahun ini.

Sekitar 80% konsumen yang biasa berbelanja online bahkan berencana menambah anggaran belanja saat Ramadan.

Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi mengatakan, berdasarkan data internal, masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan untuk berpuasa selama Ramadan 2022.

“Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia lebih dari 50% dan jumlah pesanan lebih dari 77%,” kata Edwin dalam acara media briefing, Kamis (23/2).

Tren itu diperkirakan berlanjut pada Ramadan tahun ini. Puncak kegiatan belanja yaitu saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Kategori produk paling dicari selama Ramadan tahun-tahun sebelumnya yakni:

  • Fashion
  • Otomotif dan Aksesori
  • Makanan dan Minuman
  • Rumah Tangga
  • Smartphone dan Tablet

Sedangkan kategori produk dengan transaksi tertinggi saat Ramadan tahun-tahun sebelumnya yaitu:

  • Fashion
  • Makanan dan Minuman
  • Kesehatan
  • Otomotif dan Aksesori
  • Rumah Tangga

Subkategori dengan lonjakan permintaan saat Ramadan tahun-tahun sebelumnya yakni:

  • Hampers dan Dekorasi
  • Bumbu dan Peralatan Masak
  • Gaming
  • Perlengkapan Travel dan Kecantikan

Sedangkan kata kunci yang sering digunakan:

  • Peralatan memanggang
  • Pakaian Muslim
  • Logam mulia dan perhiasan
  • Makanan dan minuman
  • Hadiah lebaran dan THR
  • Hampers

Tokopedia pun membagikan tren e-commerce dan perilaku konsumen berdasarkan data-data Ramadan sebelumnya, yakni:

  • Setengah dari Total Pesanan di Tokopedia Ramadan 2022 Gunakan Bebas Ongkir
  • Masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya
  • Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian THR
  • Kenyamanan pembayaran dan pengiriman berperan penting bagi konsumen ketika berbelanja online
  • Masyarakat Indonesia menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan
  • Ramadan menarik minat belanja di semua tipe pengguna

Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer selama berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar-bank, dompet digital, kartu kredit maupun GoPayLater Cicil.

Selain itu, "lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir," katanya.

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...