Tokopedia dan Shopee Alami Lonjakan Transaksi Selama Ramadan
Shopee, Tokopedia, Katadata/Desy Setyowati
Shopee dan Tokopedia membagikan data daftar produk yang laris selama dua pekan Ramadan. Transaksi kedua platform e-commerce ini juga melonjak.
Tokopedia membagikan produk yang laris selama ramadan dan peningkatannya dibandikan dua pekan biasa sepanjang kuartal I. Rinciannya sebagai berikut:
- Fashion, yang terdiri dari:
- Scarf wanita: transaksi naik enam kali lipat
- Baju koko pria: transaksi naik lima kali lipat
- Busana muslim keluarga: transaksi naik tujuh kali lipat
- Otomotif: spare part mobil, produk perawatan mobil, produk interior mobil yang naik hampir dua kali lipat
- Rumah tangga: Perlengkapan Ruang Tamu dan Keluarga, penyimpanan Makanan, Peralatan Baking
- Perawatan diri: Parfum dan Cologne, Produk Kesehatan Gigi dan mulut, Perlengkapan Mandi
- Makanan dan Minuman: Hampers atau Parsel, Buah, Tepung, dan kurma yang naik lebih dari tiga kali lipat
Sedangkan Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menyampaikan, transaksi selama waktu sahur meningkat lebih dari 16 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Daftar produk yang laris di Shopee selama dua pekan Ramadan yakni:
- Fashion muslim: transaksi naik sembilan kali lipat. Utamanya, gamis crinkle, pashmina ceruty, dan baju koko kurta.
- Hampers: transaksi naik lebih dari lima kali lipat
- Amplop Lebaran
- Kurma
- Tas hampers Idul Fitri
- Makanan dan minuman
"Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini,” kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam Media Gathering di Jakarta, Senin (10/4).
Reporter: Desy Setyowati, Lenny Septiani