Riset: Konsumen TikTok Indonesia Kurangi Belanja di Shopee dan Lazada

Desy Setyowati
27 Mei 2023, 10:20
TikTok, Shopee
Katadata/Desy Setyowati
Aplikasi TikTok dan Shopee

Konsumen TikTok di Indonesia, Thailand, dan Filipina mengurangi belanja di Shopee 51%, Lazada 45%, dan offline 38% menurut survei Cube Asia. TikTok memang menargetkan menjadi yang terdepan di Tanah Air.

Cube Asia merupakan perusahaan yang menyediakan insights terkait e-commerce.

Data internal TikTok yang diperoleh The Information menunjukkan, nilai transaksi bruto alias gross merchandise value (GMV) meroket lebih dari empat kali lipat menjadi US$ 4,4 miliar di Asia Tenggara pada 2022.

“TikTok Shop dilaporkan menargetkan GMV US$ 12 miliar tahun ini,” demikian isi data internal yang diperoleh The Information dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (26/5).

Head of SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro mengatakan dalam acara di Jakarta, dua pekan lalu (16/5), bahwa produk yang paling populer di TikTok Shop yakni:

  • Fashion
  • Kecantikan dan perawatan diri
  • Elektronik
  • Kuliner

Meski begitu, GMV TikTok Shop masih jauh di bawah Shopee dan Lazada. Nilai transaksi Shopee US$ 73,5 miliar sepanjang tahun lalu, sedangkan Lazada US$ 21 miliar per September 2021.

Berdasarkan data dari firma analitik web Similarweb, Shopee menjadi e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Pangsa pasarnya 30% - 50% di seluruh wilayah dalam tiga bulan terakhir, sedangkan Lazada menempati posisi kedua dengan 10% - 30%.

“TikTok terus berkembang pesat di negara-negara Asia Tenggara. Kami memperkirakan bahwa GMV TikTok tahun ini akan mencapai 20% dari Shopee,” kata Shawn Yang, analis di Blue Lotus Research Institute.

“Shopee secara defensif meningkatkan penjualan dan pemasaran sejak April,” Shawn Yang menambahkan.

Berdasarkan laporan Data.ai, TikTok menjadi aplikasi dengan consumer spend atau transaksi konsumen tertinggi selama Januari – Maret. Pengguna TikTok harus membeli koin untuk bisa memberikan hadiah kepada pengguna lain yang menggelar siaran langsung alias live streaming. Dana ini yang dihitung sebagai consumer spend.

Daftar aplikasi dengan consumer spend selama kuartal I di Indonesia yakni:

  1. TikTok
  2. Vidio
  3. Google One
  4. WeTV
  5. GetContact
  6. Disney+ Hotstar
  7. Viu
  8. Naver Webtoons
  9. YouTube
  10. GoodNovel

TikTok Shop menargetkan untuk menjadi e-commerce terdepan di Indonesia. Anak usaha Bytedance ini harus mengalahkan pesaing seperti Tokopedia dan Shopee.

“Kami ingin menjadi yang terdepan di Indonesia sebagai marketplace dan nantinya menjadi yang terbesar di Asia Tenggara,” kata Incubation Lead TikTok Shop Indonesia Vonny Emita Susamto dalam acara Media Interview: Mendalami Tren Community Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Digitalisasi UMKM di Jakarta, dua pekan lalu (16/5).

Perusahaan asal Cina itu pun dikabarkan gencar merekrut pegawai di Indonesia untuk ditempatkan di lini e-commerce. Menanggapi rumor ini, Perwakilan TikTok Shop Indonesia mengatakan perusahaan selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman komunitas TikTok dengan menguji fitur-fitur baru secara berkala. 

“Kami juga  berinvestasi dalam sumber daya untuk menginspirasi kreativitas, membawa kebahagiaan, dan melakukan inovasi agar dapat menghadirkan pengalaman TikTok (termasuk TikTok Shop) yang lebih baik di Indonesia,” kata dia kepada Katadata.co.id, bulan lalu (26/4).

Katadata.co.id mengecek lowongan kerja di Indonesia di laman resmi TikTok. Namun tidak ada keterangan. Begitu juga di Glints.

Sementara itu, ada 58 posisi lowongan kerja di TikTok di laman Glassdoor. Rata-rata merupakan lowongan kerja untuk bisnis e-commerce atau TikTok Shop.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...