Riset: Live Streaming Shopee Ungguli TikTok, Lazada, Tokopedia

Lenny Septiani
9 Juni 2023, 13:17
tiktok, shopee, tokopedia, lazada
Katadata/Desy Setyowati
Aplikasi TikTok dan Shopee

Live streaming Shopee menjadi yang paling sering digunakan ketimbang TikTok, Tokopedia, dan Lazada. Ini tertuang dalam laporan Populix bertajuk ‘Studi dan Analisis mengenai Ekosistem Belanja Online Melalui Live Streaming di Indonesia’.

“Shopee Live memimpin dalam segala aspek dasar,” kata Head of research populix Indah Tanip dalam acara Dialog Media: Perkembangan Terkini dalam Perilaku Berbelanja di Masyarakat  secara virtual, Jumat (9/6).

Laporan itu berdasarkan survei terhadap 506 orang di Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi (25%), Jawa selain Jabodetabek (50%), luar Pulau Jawa (25%) selama 12 – 23 Mei. Populasi laki-laki dan perempuan sama rata, dengan usia 17 – 45 tahun.

Indah mengatakan konvergensi e-commerce dan live streaming menciptakan pengalaman belanja baru bagi konsumen, yakni dengan menggabungkan hiburan dan kenyamanan.

“Selain menjadi saluran belanja live streaming yang paling diingat oleh konsumen, Shopee Live juga menjadi saluran belanja yang paling sering digunakan,” katanya. 

Berikut rincian platform belanja live streaming yang paling diingat oleh konsumen, yakni:

  1. Shopee Live 61%
  2. TikTok Live 30%
  3. LazLive 4%
  4. Tokopedia Play 2%

Sementara itu, platform belanja live streaming yang paling sering digunakan oleh konsumen, yaitu:

  1. Shopee Live 69%
  2. TikTok Live 25%
  3. Tokopedia Play 4%
  4. LazLive 2%

Laporan tersebut juga menyatakan Shopee Live menjadi platform dengan jumlah transaksi dan nilai transaksi tertinggi. Rincian rata-rata transaksi live streaming per bulan dikali jumlah pengguna dalam enam bulan terakhir, sebagai berikut:

  1. Shopee Live 56%
  2. TikTok Live 30%
  3. Tokopedia Play 8%
  4. LazLive 6%

Rincian pangsa pasar nilai transaksi, berdasarkan rata-rata transaksi transaksi live streaming per bulan dikali jumlah pengguna dalam enam bulan terakhir:

  1. Shopee Live 54%
  2. TikTok Live 31%
  3. Tokopedia Play 10%
  4. LazLive 6%

Laporan tersebut menyatakan bahwa Shopee memiliki positioning yang cukup baik dan merata pada semua aspek terutama pada kelengkapan produk, merek, dan promosi.

Sebagian besar responden memilih Shopee sebagai platform belanja dengan aspek menarik, berikut rinciannya:

  • Menawarkan gratis ongkir paling banyak (68%)
  • Menawarkan harga paling murah (63%)
  • Menawarkan ragam promosi spesial untuk live shopping (62%)
  • Menawarkan promosi atau nominal diskon paling besar (63%)
  • Menawarkan nominal cashback paling besar (69%)
  • Pilihan produk paling banyak (74%)
  • Pilihan merek paling lengkap (73%)
  • Koleksi kategori barang paling lengkap (73%)
  • Fitur live shopping yang menawarkan fitur lengkap (70%)
  • Menawarkan konten-konten menarik (54%)
  • Fitur live shopping yang menawarkan mitra brand menarik (63%)

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...