Daftar Produk Laris Live Streaming Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada
Live streaming menjadi salah satu sarana pedagang di Shopee, TikTok, Lazada hingga Tokopedia menjual barang dagangan mereka. Berikut daftar produk paling laris di fitur siaran langsung.
Produk paling laris di fitur live streaming Shopee, TikTok, Lazada maupun Tokopedia sebagai berikut:
- Fashion dan aksesori (85%)
- Kecantikan, perawatan & kesehatan (54%)
- Gaya hidup (41%)
- Kebutuhan rumah tangga (33%)
- Produk sehari-hari/FMCG (32%)
- Elektronik (25%)
- Ibu dan anak/kebutuhan bayi (16%)
Data itu tertuang dalam laporan Populix bertajuk ‘Studi dan Analisis mengenai Ekosistem Belanja Online Melalui Live Streaming di Indonesia’.
Laporan itu berdasarkan survei terhadap 506 orang di Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi (25%), Jawa selain Jabodetabek (50%), luar Pulau Jawa (25%) selama 12 – 23 Mei. Populasi laki-laki dan perempuan sama rata, dengan usia 17 – 45 tahun.
Head of research populix Indah Tanip masyarakat dapat berbelanja dua sampai empat kali sebulan. Anggaran yang dikeluarkan sekitar Rp 200 ribu dalam sekali transaksi.
“Shopee Live adalah fitur live streaming yang paling sering digunakan dan memimpin dalam segala aspek dasar,” kata dia dalam acara Dialog Media: Perkembangan Terkini dalam Perilaku Berbelanja di Masyarakat secara virtual, Jumat (9/6).
Produk paling laku di Shopee Live di antaranya:
- Fashion & aksesori (79%)
- Kecantikan, perawatan & kesehatan (71%)
- Gaya hidup (72%)
- Perlengkapan rumah (72%)
- Elektronik (76%)
- Produk sehari-hari atau FMCG (63%)
- Perlengkapan ibu & anak/bayi (68%)
Barang paling laris di TikTok Live, sebagai berikut:
- Fashion & aksesori (44%)
- Kecantikan, perawatan & kesehatan (51%)
- Gaya hidup (39%)
- Perlengkapan rumah (42%)
- Elektronik (37%)
- Produk sehari-hari atau FMCG (46%)
- Perlengkapan ibu & anak/bayi (41%)
Produk paling diminati di Tokopedia Play yakni:
- Fashion & aksesori (11%)
- Kecantikan, perawatan & kesehatan (11%)
- Gaya hidup (19%)
- Perlengkapan rumah (20%)
- Elektronik (24%)
- Produk sehari-hari atau FMCG (21%)
- Perlengkapan ibu & anak/bayi (12%)
Sementara itu, produk terlaris di LazLive Lazada di antaranya:
- Fashion & aksesori (7%)
- Kecantikan, perawatan & kesehatan (10%)
- Gaya hidup (12%)
- Perlengkapan rumah (15%)
- Elektronik (13%)
- Produk sehari-hari atau FMCG (14%)
- Perlengkapan ibu & anak/bayi (12%)
Indah menjelaskan konsumen berbelanja di Tokopedia Play dan LazLive kebanyakan membeli perlengkapan rumah, elektronik ataupun FMCG.
“Jadi, untuk produk utama sering dibeli itu didominasi di Shopee Live. Produk long lasting seperti perlengkapan rumah, elektronik, dan FMCG itu lebih didominasi oleh Tokopedia Play dan LazLive,” katanya.