Riset Kredivo dan KIC: Belanja e-Commerce di Daerah Meningkat Drastis

Lavinda
Oleh Lavinda
15 Juni 2023, 10:03
e-commerce
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nz
Warga berbelanja secara daring di salah satu "marketplace" di Bojong Manik, Lebak, Banten, Sabtu (4/3/2023).

Aktivitas belanja via platform perdagangan elektronik atau e-commerce di kota-kota tier 2 dan tier 3 konsisten meningkat dalam tiga tahun terakhir. Hal ini menunjukkan pangsa e-commerce semakin luas ke seluruh daerah.

Demikian kesimpulan dari hasil riset Katadata Insight Center atau KIC dan Kredivo bertajuk 'Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia 2023' yang diluncurkan di Jakarta, Rabu (14/6).

Dalam laporan riset disebutkan, tren berbelanja di e-commerce sepanjang 2022 meningkat dibanding tahun sebelumnya, yang menandakan daya beli stabil. Hal ini juga menunjukkan konsumen semakin nyaman untuk berbelanja online, didorong oleh pandemi Covid-19.

Tren peningkatan belanja dibuktikan dengan kenaikan konsisten nilai rata-rata transaksi dan proporsi belanja via e-commerce di kota tier 2 dan tier 3 dalam tiga tahun terakhir, yakni dari 33% pada 2020 menjadi 43% pada 2022. Di sisi lain, nilai transaksi e-commerce masih didominasi oleh kota-kota tier 1, yakni mencapai 57%. 

Peningkatan aktivitas belanja di kota tier 2 dan tier 3 didukung upaya pemerataan infrastruktur oleh pemerintah, termasuk infrastruktur digital dan rantai pasok di seluruh wilayah Indonesia.

"Jumlah provinsi dengan penetrasi internet di bawah 50% pun semakin berkurang, yakni hanya enam provinsi pada 2021. Hal ini membuat semakin banyak masyarakat di kota-kota tier 2 dan 3 yang bertransaksi melalui e-commerce," demikian tertulis dalam laporan riset.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...