Ruben Onsu Cetak Omzet Rp16 M dari Shopee Live
Pembawa acara sekaligus pengusaha Ruben Onsu pecah rekor saat live shopping Shopee Live. Pada puncak perayaan Shopee 9.9 Super Shopping Day, 9 September 2023, live streaming Ruben melalui akun @ruben_onsu meraup omzet Rp16 miliar.
Sebelumnya, Ruben sempat mendobrak rekor Shopee Live, yakni menjual lebih dari 100 ribu produk dalam sehari. Hal ini tak lepas dari kemampuan suami Sarwendah ini dalam mempromosikan produk.
Mengelola berbagai jenis bisnis bersama istri, ayah tiga anak tersebut lihai mempromosikan produk-produk berkualitas melalui fitur live shopping, Shopee Live. Terlebih, ada banyak promo menggiurkan dalam puncak perayaan Shopee 9.9 Super Shopping Day.
Mulai dari promo Shopee Live Semua Diskon 50 persen 24 Jam, Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko, hingga Flash Sale Mobil 9RB. Bahkan, audiens berkesempatan membawa pulang mobil Avanza dengan membayar Rp9 ribu saja.
Adapun, pengalaman Ruben sebagai pemandu acara berperan besar dalam menghidupkan suasana sepanjang live streaming di Shopee Live. Sesi live @ruben_onsu pada puncak Shopee 9.9 Super Shopping Day itu diramaikan penonton berkat tanya jawab interaktif yang dilakukan Ruben dengan pengguna setia Shopee di Shopee Live.
Promo bombastis serta host yang interaktif, sesi live shopping Ruben Onsu di Shopee Live berhasil memecahkan rekor miliaran rupiah. Terlebih, dia juga menawarkan berbagai produk menarik kepada audiens, contohnya produk perawatan tubuh, sabun cuci, hingga perlengkapan dapur.
"Makasih ya teman-teman dan pastinya makasih untuk Sobat Shopee semua. Berkat kalian, di puncak Shopee 9.9 Super Shopping Day kemarin, sesi live streaming @ruben_onsu di Shopee Live berhasil mencatat rekor baru dengan sukses meraih omzet hingga Rp16 miliar. Gokil banget Sobat Shopee,” tulisnya di laman media sosial.
Rekor omzet yang diraih Ruben Onsu bukan satu-satunya pencapaian Shopee Live. Ada banyak hal lain yang diraih Shopee pada puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day, misalnya peningkatan penjualan produk 30 kali lipat melalui fitur Shopee Live.
Selain itu, antusias masyarakat juga meningkat untuk menyaksikan Shopee Live. Fitur live shopping ini ditonton hingga tujuh kali lipat pada puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day dibandingkan pada hari biasa.
Tingginya minat masyarakat pada puncak Shopee 9.9 Super Shopping Day dirasakan para jenama lokal yang ikut memanfaatkan fitur Shopee Live untuk mengerek penjualan. Misalnya, merek kecantikan BHUMI yang berhasil meningkatkan transaksi penjualan hingga 27 kali lipat.
Ada juga merek fesyen pria Geoff Max yang mencatat peningkatan transaksi hingga 130 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. Semua itu berkat fitur interaktif serta promo eksklusif yang tersedia di Shopee Live.
Tingginya minat masyarakat Indonesia dalam berbelanja secara daring menggunakan fitur live shopping interaktif terbukti. Merujuk kepada riset bertajuk Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia oleh Populix pada Mei 2023 diketahui, Shopee Live adalah platform live shopping paling disukai masyarakat.
Pada riset itu, sebanyak 69 persen responden Populix menyebut Shopee Live adalah Brand Used Most Often (BUMO) atau brand fitur live shopping yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia.
Riset yang sama menunjukkan Shopee Live adalah brand Top of Mind (TOM) alias merek yang paling diingat masyarakat Indonesia ketika berbicara soal live streaming shopping, dipilih 60 persen responden.
Shopee Live juga diakui sebagai pemimpin pasar dengan menunjukan porsi pangsa pasar dari segi jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. Di kategori Pangsa Pasar Jumlah Transaksi (Share of Orders), Shopee Live merajai dengan 56 persen. Sementara itu, untuk Pangsa Pasar Nilai Transaksi (Share of Revenue) Shopee Live memimpin dengan 54 persen.