Ingin Saingi TikTok, Roposo Incar Social Commerce di Indonesia

Lenny Septiani
30 Oktober 2023, 20:14
Penyedia platform live asal India, Roposo, ingin menyaingi popularitas TikTok di Indonesia.
Dokumentasi Roposo
Penyedia platform live asal India, Roposo, ingin menyaingi popularitas TikTok di Indonesia.

Pesaing TikTok asal India, Roposo, mengumumkan peluncuran resmi bisnisnya di Indonesia hari ini (30/10). Roposo juga berencana untuk membuat social commerce di Indonesia.

Platform ini dirancang untuk mentransformasi ekosistem konten Indonesia dengan menyediakan kesempatan unik melalui pengalaman live (siaran langsung) bagi seluruh stakeholders, termasuk konsumen, kreator, merek (brand), dan pengiklan. 

“Konsumen menginginkan pengalaman live yang memungkinkan mereka tetap terhubung dengan apa yang paling tren dan menjadi bagian dari percakapan luas di sekitar mereka,” kata Senior Vice President & GM Roposo Mansi Jain dalam  acara Launching Roposo di Indonesia, di Jakarta, Senin (30/10).

Menurutnya, teknologi dan fitur Roposo menjembatani jarak antara kreator dan penonton sehingga memungkinkan hubungan yang mendalam dan membuat pengalaman live terasa seperti kehidupan nyata. “Untuk memberi konsumen konten live trending terbaik, kami bermitra dengan beberapa pembuat konten paling luar biasa di Indonesia,” ujar dia.

Soft launching Roposo di Indonesia telah dilakukan pada Februari 2023. Roposo menghadirkan fitur LIVE dalam platform lock screen pintar, Glance, yang memiliki lebih dari 30 juta pengguna aktif di Indonesia. Roposo juga akan tersedia sebagai aplikasi di Android Play Store dan Apple App Store.

Perusahaan mencatat Roposo sudah diuji coba sebanyak lebih dari 40 streams setiap hari melalui Glance selama lebih dari lima bulan terakhir. Dari uji coba itu, rata-rata penonton harian lebih dari 1 juta dan hampir 2 juta jam konten Roposo ditonton setiap bulan.

Pengalaman live Roposo berbasis kreator, interaktif, dan mengajak konsumen kepada momen budaya pop dan sosial yang paling trendi di bidang hiburan, fesyen, gaya hidup, makanan dan memasak, kebugaran, olahraga, keuangan dan banyak lagi. 

Pengalaman menonton siaran langsung ini akan mengubah konsumen dari penonton pasif menjadi partisipan aktif. 

Ia menjelaskan, konsumen dapat saling terhubung dan menghasilkan pengalaman LIVE bersama dengan kreator favorit mereka dan mengekspresikan diri mereka di komunitas yang memiliki minat sama melalui Roposo.

Bagi konten kreator, Roposo memberikan ekosistem yang sangat nyaman dan mendukung agar konten kreator bisa menonjol, membangun merek, mendapatkan pengakuan dan bisa segera mendapatkan penghasilan (monetisasi) dengan mudah.

“Roposo juga menawarkan bimbingan (mentorship) kepada konten kreator, mulai dari bagaimana cara menampilkan diri hingga menghasilkan konten dengan performa terbaik berdasarkan data, preferensi penonton dan lainnya,” kata dia.

Bagi merek dan pengiklan, Roposo disebut menyediakan kesempatan unik untuk terhubung dan terlibat dengan penonton yang tepat melalui pengalaman live. “Termasuk, menjangkau konsumen di lock screen pintar Glance, platform bertenaga kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sehingga memungkinkan konsumen untuk menemukan pengalaman konten premium di lock screen Android mereka,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...