Penjualan dan Transaksi Ekspor Meningkat berkat Shopee 11.11 Big Sale
Shopee mencatat peningkatan transaksi hingga tujuh kali lipat pada puncak kampanye Shopee 11.11 Big Sale, Sabtu (11/11). Transaksi ini didominasi produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta pemilik brand lokal. Beberapa produk yang diincar konsumen di antaranya produk kategori kecantikan, fesyen, dan gaya hidup.
Tiap konsumen di masing-masing wilayah menunjukkan ketertarikan yang berbeda-beda. Konsumen di Sumatra, misalnya. Produk perawatan untuk anak seperti minyak telon, popok bayi, dan kaus anak menjadi produk lokal yang paling banyak dibeli.
Di Jawa, mayoritas pengguna membeli smartphone, serta produk body lotion dan pelembab wajah. Berbeda dengan di Bali, para pengguna di destinasi wisata ini jamak membeli kebaya, kacamata hitam, dan sunscreen. Sementara, pengguna di Kalimantan kerap memburu produk jas hujan, jaket, dan hoodie untuk digunakan saat peralihan menuju musim hujan.
Di Sulawesi, produk-produk rumah tangga seperti kipas angin, lampu neon, serta panci dan wajan adalah yang paling laris. Di Papua, pengguna Shopee banyak memburu produk fesyen seperti celana kargo, jam tangan pria, gelang couple, dan baju couple.
Beberapa penjual yang meraup untung saat kampanye Shopee 11.11 Big Sale di antaranya Benang Jarum dan NAMA Beauty. Benang Jarum mencatat peningkatan transaksi hingga lebih dari 93 kali lipat dibanding hari biasa.
Bergabung bersama Shopee sejak tahun 2020, Co-Founder Benang Jarum Allyssa Hawadi mengatakan Shopee 11.11 Big Sale merupakan salah satu strategi kampanye yang efektif.
“Sebagai pelaku usaha di bidang fesyen, kolaborasi ini bukan hanya membuka kesempatan bagi pertumbuhan bisnis kami hingga saat ini, tetapi juga menciptakan peluang berkelanjutan. Sehingga, brand lokal semakin diakui dan dikenal masyarakat luas,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (15/11).
Sementara itu, NAMA Beauty meraup transaksi lebih dari 64 kali lipat dibanding hari biasa. Bahkan, produk bundle toner Nama Beauty x Mami Louisee menjadi salah satu local best-selling product yang terjual saat kampanye Shopee 11.11 Big Sale berlangsung.
Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, kampanye Shopee 11.11 Big Sale tidak hanya menawarkan pengalaman berbelanja dengan berbagai promo, tetapi juga memberi peluang dan eksposur yang lebih besar kepada produk-produk lokal.
“Tujuannya, mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, seiring membantu brand lokal untuk dapat diterima seluruh masyarakat luas,” ujarnya.
Tingginya minat konsumen dan para penjual, lanjutnya, menjadi aspek penyemangat bagi Shopee untuk berinovasi, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen.
Ragam Fitur dan Program
Berbagai fitur dan program Shopee memungkinkan penjual dan pengguna merasakan pengalaman interaksi yang berbeda. Misalnya, fitur Shopee Live yang menawarkan interaksi langsung secara real-time. Fitur ini memungkinkan pembeli bertanya dan melihat demonstrasi produk secara lebih jelas.
Metode berjualan secara live streaming ini menjadi wadah untuk membangun komunitas dengan para pelanggan. Dengan kemudahan interaksi ini, konsumen jadi lebih nyaman saat hendak berbelanja. Hal ini juga terindikasi dari jumlah sesi Shopee Live yang saat puncak kampanye Shopee 11.11 Big Sale lalu meningkat hingga enam kali lipat.
Selain itu, Shopee Affiliate Program turut membantu penjual memperluas jangkauan pangsa pasarnya melalui kolaborasi bersama para kreator. Program ini mendorong peningkatan eksistensi brand lokal.
Pada puncak kampanye Shopee 11.11 Big Sale, peningkatan jumlah produk brand lokal dan UMKM yang dipromosikan melalui Shopee Affiliate mencapai lebih dari sembilan kali lipat.
Tak hanya itu, Shopee juga mencatat peningkatan pesanan ekspor lebih dari empat kali lipat saat puncak kampanye. Menurut Monica, salah satu pendorong transaksi pengiriman barang ke luar negeri adalah Program Ekspor Shopee. Program ini tak hanya menjadi pintu gerbang pembuka pangsa pasar baru, melainkan juga alat untuk memperkuat strategi bisnis.
“Tentunya para brand lokal dan UMKM akan kami bimbing melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor mengenai bagaimana memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, sambil mengoptimalkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi ke depannya,” ungkap Monica.