Kemendag Beri Waktu 3 Bulan TikTok dan Tokopedia Terintegrasi Penuh

Desy Setyowati
12 Desember 2023, 13:38
TikTok, tokopedia
Unsplash
TikTok

TikTok bisa dipakai untuk berbelanja mulai hari ini (12/12). Namun dalam tiga sampai empat bulan ke depan, aplikasi media sosial ini tak bisa dipakai untuk bertransaksi meski sudah bergabung dengan Tokopedia.

TikTok mengumumkan akuisisi saham Tokopedia pada Senin (11/12). Namun berdasarkan pantauan Katadata.co.id, konsumen bisa berbelanja langsung di aplikasi media sosial TikTok.

Konsumen bisa mencari produk hingga melakukan pembayaran di aplikasi media sosial TikTok.

Padahal Peraturan Mendag alias Permendag Nomor 31 tahun 2023 melarang fitur media sosial dan e-commerce di satu aplikasi. Aturan ini yang membuat TikTok menutup TikTok Shop pada awal Oktober (4/10).

Menteri Perdagangan alias Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, TikTok bisa dipakai untuk berbelanja karena masih pada fase integrasi dengan Tokopedia. Kemendag pun memberikan waktu tiga sampai empat bulan.

"Ini supaya UMKM jangan sampai mandek usahanya," kata Pria yang akrab disapa Zulhas tersebut usai menghadiri konferensi pers Harbolnas 12.12 Tokopedia dan TikTok di kantor Tokopedia, Selasa (12/12).

Kemendag akan membentuk tim penilaian terhadap kepatuhan TikTok dan Tokopedia selama proses integrasi. "Kami audit. Penilaiannya sesuai Permendag Nomor 31 tahun 2023," ujar dia.

"Ini masih migrasi. Jadi baru mulai," Zulhas menambahkan.

Nantinya, penjual bisa menyematkan tautan atau link produk di Tokopedia melalui live streaming dan video pendek. Saat link diklik, maka transaksi akan dilakukan di Tokopedia.

Kemitraan strategis TikTok dan GoTo Gojek Tokopedia memang diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.

Program yang akan diluncurkan di masa uji coba itu adalah kampanye Beli Lokal yang dimulai besok (12/12) atau bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.

Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant dengan fokus utama produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok memungkinkan para pengguna berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit.

"Kami akan terus bekerja sama dengan regulator supaya bisa patuh terhadap aturan," kata Executive Director of E-commerce, Indonesia, TikTok Stephanie Susilo.

Hal senada disampaikan oleh Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto. "Sekitar tiga sampai empat bulan kami akan terus merapat ke kemendag untuk memikirkan supaya patuh terhadap aturan," katanya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...