Transaksi UMKM TikTok x Tokopedia, Shopee Naik hingga 19 Kali di 12.12

Lenny Septiani
20 Desember 2023, 14:48
TikTok, Tokopedia, Shopee, 12.12
TikTok, Tokopedia, Shopee, Katadata/Desy Setyowati
TikTok, Tokopedia, Shopee

TikTok x Tokopedia mencatatkan transaksi produk lokal naik hingga 19 kali lipat selama kampanye diskon 12.12. Sementara itu, Shopee menyampaikan ada kenaikan hingga 10 kali lipat.

Tokopedia dan TikTok menggelar kampanye Beli Lokal selama periode Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas 12.12 pekan lalu. Kampanye ini juga menjadi awal kembalinya TikTok Shop setelah ditutup pada 4 Oktober.

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menyampaikan, Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia, khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12.

Rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat dibandingkan transaksi harian pada November. “Sejumlah brand lokal fashion di Tokopedia rata-rata mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat,” kata Aditia dalam keterangan pers, Selasa (19/12).

Kategori produk yang paling laris pada kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia saat Harbolnas 12.12 lalu, antara lain:

  • Kecantikan
  • Perawatan tubuh
  • Fashion
  • Makanan dan minuman
  • Rumah tangga

Sementara itu, produk laris di TikTok yakni:

  • Kecantikan dan perawatan diri
  • Pakaian wanita
  • Fashion muslim
  • Pakaian pria
  • Makanan dan minuman

Brand lokal SAFF & Co. misalnya, mencatatkan kenaikan transaksi saat meluncurkan produk parfum ‘Maleali’ eksklusif di Tokopedia saat Harbolnas 12.12. Brand rumah tangga lokal INTHEBOX mencatat kenaikan penjualan lebih dari tujuh kali lipat di Tokopedia.

Sementara itu Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menyampaikan, performa penjualan brand lokal dan UMKM selama 12.12 Birthday Sale tahun ini meningkat. Namun ia tidak memerinci angkanya.

Pada hari puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, transaksi produk lokal naik hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

“Menutup tahun dengan catatan yang luar biasa diharapkan dapat menjadi dorongan dan motivasi bagi Shopee untuk senantiasa menghadirkan peluang, dukungan dan inovasi bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Monica dalam keterangan tertulis, Jumat (15/12).

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...