Transaksi TikTok dan Tokopedia Naik hingga 12 Kali Lipat saat Ramadan

Desy Setyowati
5 April 2024, 12:34
Tokopedia, TikTok, ramadan,
Katadata/Desy Setyowati
Logo Tokopedia dan TikTok Shop
Button AI Summarize

TikTok dan Tokopedia resmi terintegrasi secara penuh pada 27 Maret. Transaksi layanan yang kini bernama Shop | Tokopedia itu naik hingga 12,5 kali lipat saat Ramadan dan menjelang Lebaran.

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan mengungkapkan sejumlah kategori produk yang laris manis selama Ramadan dan menjelang Ramadan. “Kami melihat masyarakat mulai lebih banyak membeli produk-produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan Lebaran,” kata dia dalam keterangan pers, Jumat (5/4).

Berikut rincian kenaikan transaksi selama 25 – 31 Maret di Shop | Tokopedia di aplikasi Tokopedia dibandingkan Februari sebagai berikut:

  • Otomotif rata-rata naik hampir 3,5 kali lipat: kasur mobil, bantal mobil, oli motor, jaket motor, sensor dan kamera mobil
  • Fashion wanita rata-rata naik lebih dari empat kali lipat: maxi dress, wedges, dress denim, loafers, sepatu heels
  • Makanan dan minuman rata-rata meningkat hampir lima kali lipat: hampers dan parsel kue kering, biskuit dan wafer, paket sembako, puding dan jelly, minyak
  • Fashion anak dan bayi rerata naik hampir lima kali lipat: pakaian bayi, sandal anak, setelan anak, celana panjang anak, cardigan anak
  • Fashion Muslim rata-rata naik hampir 12,5 kali lipat: kaftan, gamis, baju koko, busana muslim keluarga, abaya

Rincian kenaikan penjualan selama 25 – 31 Maret di Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok dibandingkan Februari di antaranya:

  • Kecantikan dan perawatan diri: clay stick mask, body cream, serum, face cream, deodoran
  • Elektronik rata-rata naik hampir tiga kali lipat: speaker bluetooth, case handphone, TWS bluetooth, charger, power bank
  • Fashion wanita rata-rata naik lebih dari empat kali lipat: dress, blus, dan celana
  • Fashion Muslim rata-rata naik lebih dari enam kali lipat: tunik, gamis, mukena, abaya
  • Fashion pria rerata naik lebih dari tujuh kali lipat: kaus dan celana

“Guna membantu pelaku usaha meningkatkan penjualan selama Ramadan hingga Lebaran, Tokopedia dan TikTok menghadirkan kampanye Ramadan Esktra Seru pada 27 Maret - 5 April,” kata Aditia.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...