Enam Bulan Bergabung, Transaksi Shop Tokopedia Melonjak

Desy Setyowati
4 Juni 2024, 06:00
Tokopedia, TikTok, shop tokopedia
Katadata/Desy Setyowati
Tokopedia dan TikTok
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

TikTok dan Tokopedia bergabung sejak Desember tahun lalu atau enam bulan lebih. Bagaimana transaksi e-commerce ini?

E-Commerce Communications Director Shop Tokopedia Nuraini Razak belum dapat berkomentar mengenai peningkatan transaksi secara keseluruhan.

Ia hanya menjelaskan bahwa pada momen tertentu seperti kampanye Beli Lokal misalnya, volume pesanan secara keseluruhan di Shop Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024 jika dibandingkan rata-rata volume pesanan pada September 2023.

"Shop Tokopedia kan baru mulai lagi Desember 2023. Pertumbuhannya kuat," kata Nuraini ditemui di Malang, Jawa Timur, Senin (3/6). 

Ia menyampaikan bahwa perusahaan juga tengah berfokus mengintegrasikan akun penjual dan fitur di Tokopedia dan Shop Tokopedia. Sebab, saat ini ada kategori produk yang ada di Tokopedia, tetapi tak ada di Shop Tokopedia. 

Selain itu, ada produk fast fashion di Shop Tokopedia, tetapi tak ada di Tokopedia. "Kami berharap bisa lebih cepat," ujar Nuraini. 

Saat ini ada 21 juta penjual di Shop Tokopedia dan Tokopedia. Selain itu, ada delapan miliar stok produk atau Stock Keeping Unit (SKU). 

Meski TikTok dan Tokopedia belum mengeluarkan data keseluruhan terkait transaksi, Katadata.co.id merangkum peningkatan volume pesanan pada momen-momen tertentu, di antaranya:

Pesta Diskon 12.12 2023

Compas.co.id mencatat, FMCG di Tokopedia naik 214% dibandingkan rata-rata harian Rp 47 miliar menjadi Rp 69 miliar pada periode diskon 12.12. Sementara itu, transaksi FMCG di TikTok Shop Rp 193 miliar dari dua juta transaksi selama 12 – 19 Desember 2023.

Lebih dari 48 ribu brand aktif melakukan promosi di TikTok Shop selama periode diskon 12.12.

FMCG atau Fast Moving Consumer Goods merupakan produk kebutuhan sehari-hari seperti makanan, produk kecantikan dan kesehatan, perawatan diri, dan lainnya. Compas.co.id memantau data penjualan e-commerce secara real-time melalui metode crawling. 

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menyampaikan, Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia, khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12.

Rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat dibandingkan transaksi harian pada November 2023. Sejumlah brand lokal fashion di Tokopedia rata-rata mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat.

Kategori produk yang paling laris pada kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia saat Harbolnas 12.12 2023, antara lain:

  • Kecantikan
  • Perawatan tubuh
  • Fashion
  • Makanan dan minuman
  • Rumah tangga

Sementara itu, produk laris di TikTok yakni:

  • Kecantikan dan perawatan diri
  • Pakaian wanita
  • Fashion muslim
  • Pakaian pria
  • Makanan dan minuman

Ramadan 2024

Transaksi Shop Tokopedia naik hingga 12,5 kali lipat saat Ramadan dan menjelang Lebaran. Berikut rincian kenaikan transaksi selama 25 – 31 Maret di Shop Tokopedia di aplikasi Tokopedia dibandingkan Februari sebagai berikut:

  • Otomotif rata-rata naik hampir 3,5 kali lipat: kasur mobil, bantal mobil, oli motor, jaket motor, sensor dan kamera mobil
  • Fashion wanita rata-rata naik lebih dari empat kali lipat: maxi dress, wedges, dress denim, loafers, sepatu heels
  • Makanan dan minuman rata-rata meningkat hampir lima kali lipat: hampers dan parsel kue kering, biskuit dan wafer, paket sembako, puding dan jelly, minyak
  • Fashion anak dan bayi rerata naik hampir lima kali lipat: pakaian bayi, sandal anak, setelan anak, celana panjang anak, cardigan anak
  • Fashion Muslim rata-rata naik hampir 12,5 kali lipat: kaftan, gamis, baju koko, busana muslim keluarga, abaya

Rincian kenaikan penjualan selama 25 – 31 Maret di Shop Tokopedia di aplikasi TikTok dibandingkan Februari di antaranya:

  • Kecantikan dan perawatan diri: clay stick mask, body cream, serum, face cream, deodorant
  • Elektronik rata-rata naik hampir tiga kali lipat: speaker bluetooth, case handphone, TWS bluetooth, charger, power bank
  • Fashion wanita rata-rata naik lebih dari empat kali lipat: dress, blus, dan celana
  • Fashion Muslim rata-rata naik lebih dari enam kali lipat: tunik, gamis, mukena, abaya
  • Fashion pria rerata naik lebih dari tujuh kali lipat: kaos dan celana

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...