Transaksi TikTok Shop Naik 4 Kali Lipat, Tertinggi di Asia Tenggara

Desy Setyowati
15 Juli 2024, 16:48
tiktok shop tokopedia, shopee,
Katadata
TikTok Shop
Button AI Summarize

Transaksi bruto atau gross merchandise value (GMV) TikTok Shop naik empat kali lipat atau pertumbuhan tertinggi di Asia Tenggara. Nilainya US$ 16,3 miliar atau Rp 266,5 triliun (kurs Rp 16.300 per US$).

TikTok berinvestasi di Tokopedia pada Desember 2023. Oleh karena itu, data Momentum Works ini masih memisahkan transaksi TikTok Shop dan Tokopedia.

“Setelah mengambil alih Tokopedia, TikTok Shop menjadi platform e-commerce terbesar kedua di Asia Tenggara,” demikian dikutip dari laporan Momentum Works  bertajuk ‘Ecommerce in Southeast Asia 2024’, Senin (15/7).

Transaksi e-commerce di Asia Tenggara secara keseluruhan US$ 114,6 miliar atau Rp 1.853 triliun. Rinciannya sebagai berikut:

  1. Shopee: US$ 55,1 miliar atau Rp 897 triliun
  2. Lazada: US$ 18,8 miliar atau Rp 308,7 triliun
  3. TikTok Shop: US$ 16,3 miliar atau Rp 266,5 triliun
  4. Tokopedia: US$ 16,3 miliar atau Rp 266,5 triliun
  5. Bukalapak: US$ 5,7 miliar atau Rp 92,8 triliun
  6. Blibli: US$ 1,9 miliar atau Rp 31 triliun
  7. Amazon: US$ 400 juta atau Rp 6,5 triliun
  8. Tiki: US$ 200 juta atau Rp 3,3 triliun
  9. Temu: US$ 100 juta atau Rp 1,6 triliun

TikTok Shop juga meningkatkan jumlah karyawan empat kali lipat sejak Desember 2021 menjadi lebih dari 8.000. Sementara itu, Shopee, Lazada, dan Tokopedia mengurangi jumlah pegawai pada 2022 – 2024.

Rincian pertumbuhan transaksi e-commerce di Asia Tenggara tahun lalu dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Rincian pertumbuhan transaksi e-commerce di Asia Tenggara tahun lalu
Rincian pertumbuhan transaksi e-commerce di Asia Tenggara tahun lalu (Momentum Works, Katadata/Desy Setyowati)

Rincian transaksi e-commerce di setiap negara sebagai berikut:

  • Thailand US$ 19,3 miliar:
  1. Shopee: 49%
  2. Lazada: 30%
  3. TikTok Shop: 21%
  • Vietnam US$ 13,8 miliar:
  1. Shopee: 61%
  2. TikTok Shop: 24%
  3. Lazada: 14%
  4. Tiki: 1%
  • Filipina US$ 13,7 miliar:
  1. Shopee: 54%
  2. Lazada: 30%
  3. TikTok Shop: 16%
  • Malaysia US$ 9,6 miliar:
  1. Shopee: 63%
  2. Lazada: 19%
  3. TikTok Shop: 19%
  • Singapura US$ 4,4 miliar:
  1. Shopee: 52%
  2. Lazada: 34%
  3. Amazon: 9%
  4. TikTok Shop: 5%
  • Indonesia US$ 53,8 miliar:
  1. Shopee: 40%
  2. Tokopedia: 30%
  3. Bukalapak: 11%
  4. TikTok Shop: 9%
  5. Lazada: 7%
  6. Blibli: 4%

Sementara itu, daftar produk yang paling laris di TikTok Shop dan Shopee di setiap negara di Asia Tenggara tahun lalu sebagai berikut:

Rincian produk yang paling banyak dibeli di TikTok Shop dan Shopee di setiap negara di Asia Tenggara tahun lalu
Rincian produk yang paling banyak dibeli di TikTok Shop dan Shopee di setiap negara di Asia Tenggara tahun lalu (Momentum Works, Katadata/Desy Setyowati)

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...