Harbolnas Tak Capai Target: Ini Daftar Produk Laris di TikTok Tokopedia, Shopee
Transaksi Harbolnas atau Hari Belanja Nasional tak mencapai target pemerintah. Berikut ini daftar produk terlaris di TikTok Shop Tokopedia dan Shopee saat pesta diskon 12.12.
Kementerian Perdagangan atau Kemendag mencatat transaksi selama Harbolnas pada 10 – 16 Desember Rp 31,2 triliun atau di bawah target Rp 40 triliun. Meski begitu, angkanya masih tumbuh 21,4% dibandingkan 2023 Rp 25,7 triliun.
Rincian transaksi Harbolnas dari tahun ke tahun dapat dilihat pada Infografik di bawah ini:
Produk lokal berkontribusi Rp 16,1 triliun atau 52% dari total transaksi Harbolnas. Nilainya tumbuh 31% dibandingkan tahun lalu.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan peningkatan kontribusi produk lokal menjadi indikator positif terhadap potensi Harbolnas ke depan.
“Dalam upaya menciptakan pasar yang kuat bagi produk dalam negeri, pemerintah terus mendorong promosi dan kampanye. Ketika pasar produk lokal terbentuk, maka suplai akan mengikuti secara otomatis. Langkah ini juga dapat mengurangi ketergantungan pada produk impor,” ujar Airlangga, Sabtu (28/12).
Produk lokal terlaris selama Harbolnas sebagai berikut:
- Pakaian olahraga dan aksesori fashion
- Personal care
- Makanan dan minuman
Produk Terlaris di Shopee 12.12
Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menyebutkan penjualan merek lokal dan UMKM pada puncak puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale 12 Desember meningkat hingga tujuh kali lipat dibandingkan hari biasa.
Ia pun mengungkapkan daftar produk UMKM terlaris selama pesta diskon 12.12 di Shopee, di antaranya:
- Atasan dan Tas wanita: peningkatan pesanan hingga tujuh kali lipat, terutama cardigan, kemeja, dan tas selempang
- Kosmetik Wajah serta Parfum dan Wewangian: peningkatan pesanan hingga 11 kali lipat, terutama bedak wajah, lipstik, dan eau de parfum
- Kebersihan dan Binatu peningkatan pesanan hingga 18 kali lipat, terutama sabun cuci piring, pewangi pakaian, dan detergen
Shopee juga mencatatkan peningkatan transaksi Shopee Live lebih dari 9 kali lipat untuk brand lokal dan UMKM. Selain itu, jumlah klik pada link atau tautan rekomendasi produk dari Shopee Affiliate meningkat kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan tahun lalu.
Produk Terlaris di TikTok Shop Tokopedia 12.12
TikTok Shop Tokopedia mencatatkan peningkatan nilai transaksi 50 kali lipat lewat fitur live saat kampanye Promo Guncang 12.12. Selain itu, kampanye Beli Lokal mendorong penjualan UMKM hingga 70%.
Kepala Komunikasi Tokopedia dan TikTok E-Commerce Aditia Grasio Nelwan memerinci produk terlaris di Tokopedia saat pesta diskon 12.12, yakni:
- Produk kecantikan dan perawatan diri
- Handphone dan elektronik
- Fashion pria
Produk terlaris di ShopTokopedia saat pesta diskon 12.12 di antaranya:
- Kecantikan dan perawatan diri
- Fashion wanita
- Fashion muslim
Perusahaan juga membagikan data produk paling laris di Tokopedia menjelang tahun baru 2025, yakni:
- Kalendar tahun baru: naik hampir 2,5 kali lipat pada akhir tahun
- Perlengkapan pesta seperti topi, confetti, dan terompet: naik hampir 2,5 kali lipat
- Buku kewirausahaan: naik lebih dari 2,5 kali lipat