Prediksi Daftar Produk Laris di E-commerce saat Ramadan, Minat Beli Baju Turun

Desy Setyowati
19 Februari 2025, 13:33
ramadan, Belanja Online
Unsplash
Ilustrasi Belanja Online
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Keinginan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tetap tinggi, menurut laporan Populix. Berikut prediksi daftar produk terlaris selama bulan puasa.

Survei Populix bertajuk ‘Perilaku Belanja di Bulan Ramadan 2025’ itu dilakukan terhadap 1.119 responden selama 6 – 9 Desember 2024. Responden dengan status sosial ekonomi atas 32%, menengah 40%, dan bawah 28%.

“Meskipun tetap menjadi prioritas utama setiap Ramadan, tahun ini pembelian produk fesyen diprediksi turun drastis. Masyarakat cenderung lebih mengutamakan kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman,” demikian dikutip dari laporan tersebut, Rabu (19/2).

Rinciannya dapat dilihat pada Tabel di bawah ini:

ProdukYang biasa dibeli saat RamadanYang akan tetap dibeli saat Ramadan 2025Selisih
Makanan dan minuman90%87%-3%
Pakaian dan aksesori78%55%-23%
Perabot rumah tangga28%11%-17%
Barang elektronik16%7%-9%
Kendaraan bermotor5%4%-1%
Tanah dan bangunan4%2%-2%

Sebanyak 87% muslim tetap berencana membeli produk makanan dan minuman saat Ramadan, seperti kebiasaan mereka.

Berikut daftar makanan dan minuman yang sering dibeli selama Ramadan:

  • Bahan makanan pokok (beras, minyak, gula dan lainnya) 84%
  • Makanan ringan untuk berbuka (takjil, kue, dan lainnya) 82%
  • Minuman dalam kemasan (teh, sirup, jus) 64%
  • Produk daging atau protein (ayam, daging sapi, ikan) 61%
  • Makanan siap saji atau frozen food 42%

Pilihan lokasi untuk membeli produk-produk tersebut di antaranya:

  • Minimarket 61%
  • Pasar tradisional 58%
  • Toko kelontong terdekat 43%
  • Supermarket 39%
  • UMKM sekitar rumah/kantor/kenalan 38%
  • E-commerce 20%
  • Hypermarket 13%
  • Media sosial 7%
  • Website resmi dari merek makanan/minuman 3%

Pembelian produk-produk tersebut utamanya untuk kebutuhan berbuka puasa dan sahur. Waktu pembelanjaan paling banyak pada awal dan pertengahan Ramadan, lalu turun menjelang Lebaran.

Responden juga mengharapkan ada diskon, karena mereka menghindari belanja berlebihan alias overspending.

Selain itu, 7% responden tetap berencana membeli barang elektronik saat Ramadan, seperti kebiasaan mereka. Berikut produk kategori ini yang diramal laris:

  • Ponsel pintar atau smartphone 77%
  • Peralatan dapur (blender, rice cooker, oven, dan lainnya) 69%
  • Perangkat rumah tangga (TV, kulkas, AC, dan lainnya) 59%
  • Laptop/komputer 46%

Lokasi yang dipilih untuk membeli produk elektronik di antaranya:

  • E-commerce 74%
  • Toko elektronik 69%
  • Supermarket 37%
  • Website resmi dari merek elektronik 31%
  • Hypermarket 29%
  • Website resmi dari toko elektronik 26%

Umat Islam diperkirakan lebih selektif dalam berbelanja selama Ramadan, dengan fokus pada kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman. Mereka cenderung membeli dalam jumlah besar di awal bulan.

Responden mengharapkan diskon untuk produk daging dan bahan pokok. Meskipun tetap membeli produk makanan yang biasa, mereka akan lebih berhati-hati mengatur anggaran dan mengurangi pembelian barang non-esensial.

Untuk barang elektronik, sebagian kecil tetap berbelanja, terutama karena promosi. “Pada momen Ramadan, banyak yang memanfaatkan membeli produk baru dengan harga lebih tinggi sebagai investasi jangka panjang,” demikian dikutip.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...