Ini Produk Terlaris di Shopee, TikTok Shop Tokopedia, Lazada saat Ramadan

Ringkasan
- Shopee mencatat gamis lebaran, outer brokat, pasmina kaos, dan hampers sebagai produk terlaris, dengan waktu belanja teramai saat sahur. Peningkatan pemesanan terlihat signifikan melalui Shopee Video dan Shopee Live, terutama untuk produk makanan dan minuman.
- TikTok Shop by Tokopedia mencatat peningkatan transaksi hingga 10,5 kali lipat saat sahur. Produk terlaris di Tokopedia meliputi hampers, baju muslim wanita, dan peralatan mencuci, sedangkan di TikTok Shop meliputi bahan masakan, baju muslim pria, dan tempat penyimpanan.
- Lazada melaporkan kebutuhan sehari-hari, fashion pria (terutama baju muslim), dan perangkat elektronik seperti ponsel pintar dan televisi sebagai produk terlaris selama dua pekan Ramadan. Penjualan perangkat elektronik meningkat pesat bahkan sebelum penerimaan THR.

Shopee, TikTok Shop by Tokopedia, dan Lazada mengungkapkan daftar produk terlaris selama dua pekan Ramadan.
Ada empat produk terpopuler di Shopee dilihat dari kata kunci atau keyword yang paling banyak dicari, yakni gamis lebaran, outer brokat, pasmina kaos, dan hampers. Periode waktu konsumen paling banyak berbelanja yakni saat sahur atau sekitar pukul 03.00 – 04.30.
Lonjakan pemesanan paling banyak melalui fitur Shopee Video dan Shopee Live. Sementara itu, kategori produk yang paling banyak dipesan yakni makanan dan minuman.
Sementara itu, daftar produk paling laris di TikTok Shop by Tokopedia selama awal Ramadan atau 1-7 Maret, sebagai berikut:
Tokopedia
Makanan dan Minuman:
- Hampers
- Camilan (makaroni, puding)
- Kurma
Fashion:
- Baju muslim wanita
- Tas pria
- Hijab
Perlengkapan Rumah Tangga:
- Peralatan mencuci (pewangi)
- Bantal
- Kantong plastik sampah
Kecantikan dan Perawatan Diri:
- Skincare
- Perlengkapan mandi (sabun)
- Make up
Elektronik:
- Handphone
- Elektronik dapur (blender)
- Smartwatch
TikTok Shop
Makanan dan Minuman:
- Bahan masakan (minyak goreng, gula)
- Kue (nastar, bika ambon)
- Kurma
Fashion:
- Baju muslim pria
- Peralatan ibadah (mukena, sarung)
- Hijab
Perlengkapan Rumah Tangga:
- Tempat penyimpanan (rak sepatu, toples)
- Peralatan kamar mandi (handuk, keset kaki)
- Payung dan jas hujan
Kecantikan dan Perawatan Diri:
- Perawatan hidung dan mulut (mouth spray)
- Parfum
- Make up
Elektronik:
- Power bank
- Peralatan membuat konten (lighting, tripod)
- Smartwatch
Transaksi melalui fitur LIVE TikTok ditonton lebih dari dua miliar kali di awal Ramadan, dengan produk terlaris meliputi baju muslim wanita, parfum, skincare, make-up, dan hampers.
Akan tetapi, jumlah penjual di TikTok Shop by Tokopedia juga bertambah 40% sejak sebelum Ramadan, yang menambah persaingan.
Sama seperti Shopee, jam teramai pembelian di TikTok Shop by Tokopedia yakni saat sahur. Nilai transaksi di Tokopedia dan TikTok Shop naik hingga 10,5 kali lipat selama periode ini dibandingkan jam lainnya.
Di Lazada, produk terlaris selama dua pekan Ramadan yaitu:
- Kebutuhan sehari-hari
- Fashion, terutama fesyen laki-laki
- Perangkat elektronik seperti ponsel pintar dan televisi
“Tahun ini, kategori pakaian pria menjadi salah satu yang mendorong kenaikan penjualan kategori fesyen secara signifikan, terutama untuk baju muslim pria,” kata Head of Operations Lazada Indonesia Amelia Tediarjo dalam keterangan pers, pekan lalu (14/3).
“Penjualan perangkat elektronik seperti telepon pintar dan televisi, yang biasanya diburu pelanggan setelah menerima THR atau Tunjangan Hari Raya, kini sudah meningkat bahkan dari minggu-minggu pertama Ramadhan,” Amelia menambahkan.