Tren Konsumen Cerdas, Blibli Hadirkan Pengalaman Belanja Omnichannel Premium

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Luky Maulana
18 September 2025, 12:03
Blibli menghadirkan pengalaman belanja yang terintegrasi, aman, dan terpercaya
Katadata
Blibli menghadirkan pengalaman belanja yang terintegrasi, aman, dan terpercaya
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Ritme hidup yang serba cepat membuat konsumen semakin pintar dalam menentukan pilihan. Belanja tak sebatas untuk memenuhi kebutuhan. Ada beberapa aspek yang semakin dipertimbangkan, seperti kepastian, keamanan, dan kenyamanan.

Terlebih, berdasarkan market outlook Kumparan,  sebagian besar konsumen mengaku sering mengalami kendala saat belanja online, seperti keterlambatan pengiriman, produk tidak sesuai ekspektasi, dan pelayanan pelanggan yang kurang responsif. 

Dalam laporan bertajuk Menuju Industri E-commerce Berkualitas: Perbaiki Layanan di Fase Rentan Pasca Pembelian ini, Kumparan menggarisbawahi bahwa pengalaman pelanggan merupakan aset yang berharga. Sebagai informasi, laporan tersebut disusun berdasarkan jajak pendapat terhadap 800 responden pada Juli-Agustus 2025. 

Pun begitu, pelanggan saat ini mengedepankan rasa tenang dan aman dengan memilih layanan belanja premium. Pergeseran preferensi ini semakin terasa seiring pertumbuhan kelas menengah yang mencapai lebih dari 47,85 juta orang.

PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) menjawab tren perilaku konsumen yang berubah ke arah premiumisasi. Menurut Blibli, layanan premium bukan cuma tentang status melainkan pengalaman berbelanja yang pasti aman dan bikin tenang (peace of mind). 

Pasalnya, konsumen kelas menengah tak cuma digital savvy tetapi juga kian selektif dalam memilih brand. Mereka pun menginginkan jaminan layanan purnajual yang jelas, serta fleksibilitas dalam mencari produk, baik secara online maupun offline alias ambil sendiri di toko. Karakter ini menunjukkan bahwa konsumen Indonesia semakin cerdas.

Fenomena pergeseran preferensi konsumen ke produk premium di platform e-commerce yang menguat dalam beberapa tahun terakhir diamini Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA).

Menurut Sekretaris Jenderal idEA Budi Primawan, tren tersebut didorong tiga faktor utama, yaitu konsumen yang semakin kritis, strategi diferensiasi platform di tengah persaingan ketat, serta dampak positif produk terhadap ekosistem.

Blibli menghadirkan pengalaman belanja yang terintegrasi, aman, dan terpercaya
 

Merespons tren yang ada, Blibli hadir tidak cuma menawarkan promosi tetapi juga fokus menghadirkan pengalaman belanja yang  terintegrasi, aman, dan terpercaya. Omnichannel commerce ini menerjemahkan konsep tersebut dengan menciptakan ekosistem belanja yang mengintegrasikan dunia online dan offline.

CEO & Co-Founder Blibli Kusumo Martanto melalui keterangan resminya pada laporan kinerja keuangan kuartal II/2025,menyatakan, pendekatan tersebut menjadi strategi perusahaan untuk tumbuh secara sehat dan berkelanjutan.

“Kami terus membuktikan bahwa pendekatan ekosistem omnichannel yang terintegrasi adalah kunci dalam menghadirkan nilai tambah bagi pelanggan dan seluruh pemangku kepentingan,” kata Kusumo.

Strategi Omnichannel Premium

Demi menjawab preferensi konsumen pada layanan premium, Blibli di dalam laporan keuangan kuartal II/2025 menyatakan, telah menyiapkan sejumlah strategi salah satunya dengan memperluas jaringan layanan meliputi:

    •  223 toko fisik elektronik konsumen,
    •  58 gerai supermarket premium yang dioperasikan Ranch Market,
    • 36 home and living experience centers yang dioperasikan Dekoruma,
    •  +7.000 toko Click & Collect,
    •  +8.000 toko Blibli In-Store,
    • unified membership program, dan
    • unified loyalty points (Blibli Tiket Rewards). 

Blibli mendorong ribuan mitra toko untuk menyediakan layanan Click & Collect maupun Blibli In-Store. Dengan begitu, konsumen mendapatkan fleksibilitas untuk belanja online, dan dapat mengambil barang pembelian di toko terdekat.

Blibli juga memperkuat layanan melalui program keanggotaan terpadu serta poin loyalitas Blibli Tiket Rewards.

Demi menjamin kepuasan pelanggan, Blibli juga memiliki layanan andalan, yaitu jaminan Pasti ORI, jaminan tepat waktu, gratis perlindungan hingga 24 bulan, retur dengan alasan apapun, dan layanan pelanggan 24/7 yang responsif. Ini merupakan strategi untuk menjawab kecemasan konsumen digital yang menuntut kepastian atas kualitas dan proses pembelian.

Menurut Kusumo, pendekatan ini bertujuan untuk membangun rasa aman dan loyalitas jangka panjang konsumen, diwujudkan dalam pengalaman belanja yang pasti #NoBlablaDiBlibli.

Ia menegaskan pula, Blibli bukan hanya menjual produk tetapi membangun ekosistem ritel masa depan. Ekosistem ini memungkinkan brand untuk berkembang, serta pada saat yang sama pelanggan beroleh value nyata.

“Ke depannya, kami akan tetap fokus pada peningkatan berkelanjutan dan inovasi yang disiplin. Kami akan memperdalam kemitraan, menyempurnakan pengalaman layanan, dan memanfaatkan wawasan yang berbasis data untuk mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang,” ujar Kusumo.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...