Bursa Kripto Asing Serbu Pasar Indonesia

Desy Setyowati
30 Januari 2019, 15:12
Bitcoin
Katadata

Agregator bursa cryptocurrency Liqnet hari ini mengumumkan ekspansinya ke Indonesia. Kemarin, bursa cryptocurrency UpBit pun memulai operasionalnya di Indonesia dan besok menjadi giliran GoPax. Sementara UpBit dan GoPax berasal dari Korea Selatan, Liqnet berasal dari Singapura.

Liqnet sudah bekerja sama dengan empat bursa mata uang digital lain untuk menawarkan layanan perdagangan mata uang virtual seperti bitcoin, ripple, ethereum, dan lainnya.

Southeast Asia (SEA) Partner Liqnet Lukman Sutanto mengatakan, Indonesia adalah pasar yang besar. "Dibanding negara lain, peminat aset kripto di Indonesia cukup besar. Sekitar 1,5-2 juta sudah aktif bertransaksi aset kripto," ujar dia di Graha XL, Jakarta, Rabu (30/1).

Data itu mengacu pada riset TNS dan Luno yang menyebutkan, ada lebih dari 1 juta orang yang bertransaksi (trader) mata uang virtual. Alhasil, warga Indonesia menjadi salah satu negara teratas dalam hal pengetahuan tentang mata uang virtual dan kepemilikannya.

(Baca: Upbit dan GoPax, Dua Bursa Cryptocurrency Asal Korsel Masuk Indonesia)

Ia menyadari, saat ini harga salah satu aset kripto yakni Bitcoin terus menurun. Namun seperti halnya berinvestasi saham, menurut dia, saat harga turun adalah kesempatan untuk membeli aset. Ia optimistis, aset kripto akan tumbuh ke depan. Dengan begitu, investor bisa meraup untung di kemudian hari.

Hanya, Advisor Liqnet Nikolay Goncharov menyadari bahwa regulasi masih menjadi tantangan di Indonesia. Apalagi, saat ini baru Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 99 Tahun 2018 yang mengatur aset kripto. Itu pun aset kripto dianggap sebagai komoditas, sehingga tidak bisa digunakan untuk hal lain seperti membeli pulsa, berbelanja, dan lainnya.

Ia menegaskan, bahwa perusahaannya sudah memeroleh lisensi dari Singapura, yang disebut-sebut berlaku secara internasional. Liqnet juga sudah mendapat lisensi dari lembaga kegiatan ekonomi di Estonia (Estonian Register of Economic Activities).

Tantangan lainnya, adalah edukasi kepada masyarakat. Ia mengetahui ada banyak bursa cryptocurrency yang masuk ke Indonesia. "Namun kami tidak bersaing dengan mereka. Kami bekerja sama dan sama-sama mengedukasi masyarakat," ujar dia. Liqnet pun sudah menggandeng empat bursa cryptocurrency. "Kami terbuka untuk bermitra (dengan bursa) di Indonesia."

(Baca: Malaysia Legalkan Penawaran dan Perdagangan Cryptocurrency)

Selain Liqnet, bursa cryptocurrency asal Singapura Huobi masuk ke Indonesia pada September 2018. Huobi mengklaim perusahaannya sebagai yang terbesar keenam di dunia. Bitnovosti melaporkan, pendapatan Huobi mencapai US$ 17,5 juta pada 2018.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...